17 Desember 2011

Menyeberang Ke Bakauheni Dengan Kapal Ferry Jatra II

ferry merak-bakauheni

Sudah cukup menghabiskan dua potong donut di Dunkin dan membeli dua potong lagi yang dibungkus, sekitar jam 00.30 saya baru bergegas meninggalkan menuju loket pembelian tiket. Loketpun nampak sangat sepi. Di ruang tunggu keberangkatan barulah terlihat tanda-tanda kehidupan *lebay*. Banyak dari penumpang juga menunggu agak pagi untuk menyeberang agar sampai di Bakauheni saat hari sudah pagi. Harga tiket kapal untuk penumpang dewasa sekarang ini adalah 11.500. Petugas langsung memandu para penumpang ingin langsung berangkat ke dermaga. Saya kebagian naik kapal Jatra II. Kapalnya pun baru akan bersandar di dermaga Pelabuhan Merak. Otomatis saya harus menunggu sampai kapal bersandar dengan dengan sempurna dan sampai semua penumpang dari Lampung ini diturunkan.

ferry merak-bakauheni

ferry merak-bakauheni

Penumpang pejalan kaki yang naik kapal Jatra II ini tidak terlalu banyak. Kebanyakan adalah penumpang yang menggunakan mobil pribadi atau bus. Saat penyeberangan malam hari seperti ini bisa dipastikan kita tidak akan bisa melihat apa-apa dalam perjalanan nanti. Yang ada hanyalah kegelapan saja, nggak ada sesuatu yang menarik. Karena itu lebih baik waktu tiga jam perjalanan ini saya gunakan untuk istirahat. Nggak perlu menunggu lama, saya langsung masuk ke ruang kelas eksekutif biar tidurnya lebih enak. Dalam ruang kelas eksekutif kapal Jatra II ini hanya berupa kursi-kursi berwarna coklat dengan AC yang cukup dingin. Selain itu di ruangan tersebut juga dilengkapi dengan beberapa LCD TV berukruran besar yang bisa menjadi media hiburan. Masing-masing penumpang sudah mengambil posisi yang nyaman untuk tidur selonjoran seenaknya. Beruntung ruangan ini nggak penuh, jadi yang mau selonjoran di kursi pun nggak masalah. Untuk masuk ke ruang eksekutif setiap penumpang hanya cukup membayar biaya tambahan sebesar 10.000. Sayang sekali di kapal ini tidak ada ruang lesehan. Padahal lebih enak lagi buat tidur kalau ada ruang lesehan.

ferry merak-bakauheni

ferry merak-bakauheni

ferry merak-bakauheni

Kapal Jatra II menuju Pelabuhan Merak di Lampung ini baru berangkat jam 01.00 dini hari. Sebelum kapal berangkat para crew memperagakan cara-cara penyelamatan dalam keadaan darurat. Yah mirip-mirip safety demo saat naik pesawat gitu lah. Sepanjang perjalanan ini saya hanya tidur saja. Ngantuk dan capeknya luar biasa. Sesaat sebelum sampai di Bakauheni mata saya sudah terbuka. Mata melek berarti makaaan.. Hehe.. Iya dong, kan masih punya dua potong donut yang saya beli tadi. Lumayan juga buat makan sahur. Masih kurang? Beli pop mie yang tersedia di bar kelas eksekutif ini. Yah standar harga pop mie di kapal, semurah-murahnya juga 10.000. Jadi sepanjang malam ini acaranya cuma tidur sama makan mulu. Jam 04.00 kapal sudah merapat ke dermaga Pelabuhan Bakauheni. Wah sudah sampai nih. Saya bergegas keluar dari ruangan dan menuju pintu keluar kapal. Begitu turun dari kapal saya langsung menghubungi teman lama saya yang kebetulan jadi tukang ojek di Pelabuhan Bakauheni. Diapun sudah menunggu di tempat parkir ojek dan bersedia mengantar saya sampai rumah. Dari Pelabuhan Bakauheni sampai di rumah saya masih membutuhkan waktu satu jam lagi. Jam 05.00 saya sudah sampai di rumah dengan selamat. Alhamdulillah...


0 komentar:

Posting Komentar