12 Januari 2012

Cara Keluar Dari Bandara Blimbingsari Ke Kota Banyuwangi

transportasi bandara blimbingsari

Seperti yang sudah saya katakana sebelumnya, Bandara Blimbingsari merupakan bandara yang jaraknya cukup jauh dari Kota Banyuwangi. Berada di Desa Blimbingsari dengan kondisi di kepung area persawahan membuat transportasi dari bandara maupun menuju bandara cukup sulit. Jangankan angkutan umum seperti angkutan pedesaan, ojek saja tidak ada yang mangkal di bandara ini kok. Satu-satunya transportasi yang ada di Bandara Blimbingsari adalah taksi. Anda bisa memesannya di konter taksi yang ada di gedung terminal kedatangan. Konon tarifnya menggunakan argo. Tapi ya nggak tau juga argonya normal atau argo kuda. Bagi yang punya duit, taksi merupakan alternative yang paling praktis. Lalu bagaimana dengan saya? Naik taksi merupakan hal yang paling dihindari kecuali kalau kepepet sekali. Setelah bertanya kesana-kesini dengan avsec yang bertugas di Bandara Blimbingsari saya pun mendapatkan pencerahan. Bapak avsec akan memanggilkan temannya untuk mengantarkan saya ke Rogojampi yang merupakan kota kecamatan. Paling tidak dari Rogojampi saya akan lebih mudah mendapatkan transportasi ke Kota Banyuwangi. Teman bapak avsec ini rupanya juga bekerja di bandara. Saya kurang paham kerja di bagian apa. Ketika saya tanya, bapak ini hanya mengatakan bekerja di dinas perhubungan. Untuk sampai ke Rogojampi saya itungannya ngojek dengan bapak ini dengan ongkos 10.000. Bapak ini memang bukan tukang ojek, kemungkinan karena kasihan juga jadi beliau bersedia mengantar saya. Hehe..

transportasi bandara blimbingsari

Jarak dari Blimbingsari ke Rogojampi berkisar antara 5-6 km. Dengan menggunakan sepeda motor bisa ditempuh dalam waktu 10-15 menit saja. Cukup cepat bukan? Area Blimbingsari ini memang benar-benar sepi. Jangankan angkutan umum, pengendara roda dua saja hanya 1-2 saja yang lewat. Kemungkinan juga merupakan warga sekitar maupun orang-orang yang akan ke Pantai Blimbingsari. Kalau Anda mendarat di Bandara Blimbingsari bisa saja dicoba cara saya ini. Bertanya kepada petugas-petugas yang ada disana apakah bersedia mengantar sampai Rogojampi. Kalau ada yang bersedia berarti Anda sedang beruntung. Kalau nggak ada yang mau ya dengan terpaksa memesan taksi saja. Tidak perlu sampai Banyuwangi kalau tidak mau tagihan argonya melejit, cukup sampai Rogojampi saja. Rogojampi merupakan kota kecamatan yang sudah cukup ramai. Sepanjang jalan utama berderet gedung-gedung perkantoran maupun pertokoan. Di Rogojampi saya diturunkan di depan Kantor Pos Rogojampi. Disana saya sudah bisa menunggu bus yang akan ke Banyuwangi. Biasanya bus yang lewat depan kantor pos tersebut adalah Bus Akas Asri yang memiliki trayek Surabaya-Banyuwangi via Jember. Beruntung saya tidak perlu menunggu terlalu lama di Rogojampi. Hanya 30 menit menunggu, Bus Akas dari arah Jember sudah melintas. Langsung deh naik.. Selain Bus Akas Asri anda bisa juga naik angkutan umum seperti angkot kalau nggak salah ingat warna merah dari Rogojampi. Namun menurut saya yang paling nyaman ya naik bus saja sih. Lagipula ongkos naik bus juga cukup murah kok. Dari Rogojampi hingga Terminal Karangente di Banyuwangi saya cukup membayar 4.000 saja. Lama perjalanan kurang lebih setengah jam. Yup bus mentok sampai Terminal Karangente saja. Untuk menuju tengah kota Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan angkot, becak, atau ojek yang banyak berkeliaran di sekitar terminal.


12 komentar:

  1. rie ramadhaanie12 Januari, 2012 10:01

    jadi inget waktu dari ijen, aku dan teman-teman di turunin di stasiun karang asem. kondisinya juga sepiiiii banget. padahal bayangan awal bakal di turunin di banyuwangi kota. ternyata salah.

    hmmm..sayang sekali ya kalo akses dari bandara itu sulit. jadinya mikir-mikir lagi kalo mau ke banyuwangi naik pesawat..

    BalasHapus
  2. agam serem juga yah kalau bepergian ke bandara yang nggak banyak didarati pesawat komersial umum. susah masuk, susah keluarnya juga kali yach? angkot pun susah kali ditemui ya Mas?

    jalan kaki 5-6 KM sih sebenernya bisa bisa aja yah Mas. tapi kayaknya buang2 waktu banged ya? hehehehe

    yah, sebanding lah dengan ongkos 10rb yang dikeluarkan. tapi saya sih tetep berharap bandara-bandara non komersil (mungkin lebih tepat disebut laud atau pangkalan udara?) menyediakan akses angkutan umum, setidaknya melewati dalam jarak dekat, ga usah sampai persis ke depan Bandaranya ^^

    BalasHapus
  3. bandaranya terhitung kecil yah?... hemm belom pernah nyampe bandara banyuwangi.. jadi gak bisa ngebayangin gimana susah diaksesnya. yaa wajar, seperti layaknya di bandara lain di indonesia emang biasanya banyak juga yang bakalan nawarin jasa ojek entah emang beneran ojek resmi atau jadi-jadian..

    BalasHapus
  4. akhirnya informasi lanjutannya diposting juga... tks mas :)

    BalasHapus
  5. bener banget ar, mikir berkali-kali sih kalau aksesnya sulit plus jauh dari keramaian.. enak naik bus kali yah, langsung turun deket kota. Salam, Tri Setyo Wijanarko
    http://www.wijanarko.net/



    ________________________________
    Dari: Disqus <>
    Kepada: styo_rnt@yahoo.co.id
    Dikirim: Kamis, 12 Januari 2012 10:01
    Judul: [wnet] Re: Cara Keluar Dari Bandara Blimbingsari Ke Kota Banyuwangi - Aku dan Keindahan Negeriku

    Disqus generic email template

    BalasHapus
  6. angkot bukan susah ditemui di bandara blimbingsari mas, tapi memang nggak ada sama sekali.. haha.. yup jalan kaki 5-6 km sih udah biasa, tapi ya itu buang2 waktu plus cuaca panas bangeet.. mending cari tebengan atau ngojek 10-15rb juga gpp deh..  Salam, Tri Setyo Wijanarko
    http://www.wijanarko.net/



    ________________________________
    Dari: Disqus <>
    Kepada: styo_rnt@yahoo.co.id
    Dikirim: Kamis, 12 Januari 2012 17:55
    Judul: [wnet] Re: Cara Keluar Dari Bandara Blimbingsari Ke Kota Banyuwangi - Aku dan Keindahan Negeriku

    Disqus generic email template

    BalasHapus
  7. emang kecil, kecil banget malah.. dan sepiiii.. :D Salam,
    Tri Setyo Wijanarko
    http://www.wijanarko.net/



    ________________________________
    Dari: Disqus <>
    Kepada: styo_rnt@yahoo.co.id
    Dikirim: Kamis, 12 Januari 2012 23:44
    Judul: [wnet] Re: Cara Keluar Dari Bandara Blimbingsari Ke Kota Banyuwangi - Aku dan Keindahan Negeriku

    Disqus generic email template

    BalasHapus
  8. sama-sama mas broo :D Salam,
    Tri Setyo Wijanarko
    http://www.wijanarko.net/



    ________________________________
    Dari: Disqus <>
    Kepada: styo_rnt@yahoo.co.id
    Dikirim: Jumat, 13 Januari 2012 13:29
    Judul: [wnet] Re: Cara Keluar Dari Bandara Blimbingsari Ke Kota Banyuwangi - Aku dan Keindahan Negeriku

    Disqus generic email template

    BalasHapus
  9. Mas, penerbanganmu ini kapan yo? Kalau boleh tau nginep dimana? Mohon rekomendasinya. Terima kasih.

    BalasHapus
  10. ini tanggal 20 november 2011 mas.. penginapan banyak sih mas, tapi saya cuma ngemper kok :))



    ________________________________
    Dari: Disqus <>
    Kepada: styo_rnt@yahoo.co.id
    Dikirim: Sabtu, 14 Januari 2012 21:37
    Judul: [wnet] Re: Cara Keluar Dari Bandara Blimbingsari Ke Kota Banyuwangi - Aku dan Keindahan Negeriku

    Disqus generic email template

    Agus K Chandra (unregistered) wrote, in response to Tri Setyo Wijanarko: Mas, penerbanganmu ini kapan yo? Kalau boleh tau nginep dimana? Mohon rekomendasinya. Terima kasih. Link to comment
    IP address: 114.79.12.85

    BalasHapus
  11. Oh gitu mas. Soale 2 minggu lagi saya kesana :-) karena waktu terbatas saya dari jakarta menggunakan pesawat ke surabaya. nah maunya ngirit di penginapan :-)

    BalasHapus
  12. di kota cukup banyak penginapan.. deket pelabuhan ketapang juga nggak kalah banyak kok.. untuk rate sih saya kurang paham.. :D

    BalasHapus