28 Januari 2012

Rehat Sejenak Di Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi

masjid agung baiturrahman banyuwangi

Berjalan kaki menelusuri jalan utama Kota Banyuwangi memang menyenangkan karena kendaraan yang lewat tidak begitu ramai, malah cenderung sepi layaknya di kota kecil. Perjalanan saya keliling kota harus terhenti karena kaki sudah terasa pegal-pegal. Tidak terasa beberapa kilometer sudah saya lalui. Perjalanan saya terhenti ketika saya melewati Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi. Akan lebih baik kalau saya istirahat dan shalat ashar terlebih dahulu sebelum lanjut ke Pelabuhan Ketapang yang jaraknya masih cukup jauh.

Ada yang sudah pernah mampir ke Masjid Agung Baiturrahman? Konon masjid ini merupakan salah satu ikon Kota Banyuwangi yang cukup kuat karena masjid ini telah berusia cukup tua. Masjid Agung Baiturrahman yang semula merupakan masjid yang sederhana dibangun pada tahun 1774 dengan nama Masjid Jami’ Banyuwangi. Bisa dibilang masjid ini merupakan masjid tertua yang ada di Banyuwangi karena memang ini adalah masjid pertama yang didirikan disana. Masjid Agung Baiturrahman sekaligus menjadi awal mula penyebaran agama islam di Banyuwangi. Seiring berjalannya waktu, masjid mengalami renovasi beberapa kali dan sekarang ini menjadi sebuah masjid besar dan megah yang menjadi kebanggaan masyarakat.

Bangunan Masjid Agung Baiturrahman didominasi warna hijau. Hampir di setiap bagian terdapat warna hijau. Sementara itu bagian atap terdapat tiga kubah yang berwarna agak kebiruan. Pada bagian depan masjid terdapat sebuah menara yang cukup tinggi dan cantik menghiasi pelataran masjid. Saat saya datang, beberapa tempat terutama bagian halaman masjid sedang direnovasi. Sepertinya pembangunan masjid ini akan terus berlanjut menjadikannya semakin indah dan semakin banyak orang yang datang untuk beribadah. Jika Anda ingin mampir ke Masjid Baiturrahman, Anda tidak akan sulit menemukannya. Karena masjid ini berada di jantung kota Banyuwangi, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman 137 di depan Taman Sritanjung. Setelah cukup menunaikan shalat dan meluruskan kaki, baru deh saya lanjut ke Pelabuhan Ketapang. Nah enaknya jalan kaki atau naik angkot ya? :S


6 komentar:

  1. Wah, coba dikasi liat bagian dalamnya juga Mas... saya senang melihat masjid, tapi tidak berani masuk karena bukan tempat ibadah saya. Melihat interior masjid itu kesempatan yang langka banget buat saya, hehehe...

    BalasHapus
  2. sayangnya malah lupa mbak ngambil foto interiornya :|

    BalasHapus
  3. belum pernah ke Banyuwangi.. kalau jalan-jalan paling enak ditempuh dengan jalan kaki, cuma sekarang saya sudah jarang berjalan jauh, hehe.

    wah ada feature posting coming soon juga ya mas, jadi bikin penasaran pengunjung, :D

    BalasHapus
  4. wahh,, mesjid nya luar biasa.. pengen jalan-jalan kesana tapi belum ada dana.. :D

    BalasHapus