19 Februari 2012

Pete-Pete, Angkutan Umum Andalan Makassar

pete-pete makassar

Pada dasarnya Makassar memiliki beberapa angkutan umum. Angkutan yang cukup dominan dan akan paling sering dijumpai di Kota Makassar adalah becak dan pete-pete. Becak pun terbagi menjadi dua yaitu becak kayuh dan becak motor. Lalu apa itu pete-pete? Bagi Anda yang belum pernah pergi ke Makassar mungkin akan sangat asing mendengar kata tersebut. Pete-pete merupakan sebutan untuk angkutan umum sejenis mikrolet yang kalau orang di Jawa lebih banyak menyebutnya dengan “angkot”. Saat berada di Makassar Anda harus terbiasa dengan sebutan pete-pete.

Ada banyak sekali pete-pete yang beroperasi di Kota Makassar. Bahkan tidak sedikit juga yang beroperasi selama 24 jam untuk beberapa rute tertentu. Untuk keliling kota, pete-pete sangat bisa diandalkan. Bisa dibilang ke penjuru Makassar mana saja bisa naik pete-pete. Ongkos sekali naik 2.000 untuk jarak yang cukup dekat dan 3.000 untuk jarak yang agak jauh. Saat berada di Makassar angkutan yang satu inilah yang menjadi andalan saya. Selain murah juga cukup fleksibel karena jumlahnya yang cukup banyak.

Kebanyakan pete-pete di Makassar menggunakan warna biru muda. Hanya sebagian kecil saja yang menggunakan warna selain biru muda. Jadi warna pete-pete tidak bisa digunakan untuk membedakan rute. Gimana membedakan rutenya? Cara membedakan rute bisa dilihat dari kode yang tertempel pada pete-pete yang biasanya menggunakan abjad. Selain itu biasanya pada setiap kaca mobil bagian depan tertulis rute yang akan dilewati oleh pete-pete. Bagi yang pertama menggunakan jasa pete-pete mungkin akan bingung. Cara yang paling mudah adalah bertanya kepada sopir apakah melewati tujuan Anda tersebut. Sopir pete-pete di Makassar cukup helpful kok. Silahkan mencoba angkot (pete-pete) a la Makassar..


6 komentar:

  1. yang berdasarkan angka juga ada ya, rasanya? no 5, 7, 2...

    BalasHapus
  2. lucu namanya, semacam nama lalapan yang saya suka :D #no offense jst kidding :)

    BalasHapus
  3. oh iya.. sepertinya memang ada juga yang menggunakan angka. yang saya ingat dan sering saya naiki itu SMA-5 :D

    BalasHapus
  4. errr.. cara bacanya bukan seperti nama lalapan yang bro suka itu.. cara baca "E"-nya itu seperti kalau kita mengucapkan "Tempe".. hehehe

    BalasHapus
  5. yang pake angka itu pete-pete kampus unhas... ada 02, 05, 07, dan 08..

    BalasHapus