17 Februari 2012

Terpesona Dengan Bandara Sultan Hasanuddin-Makassar

bandara sultan hasanuddin

Selamat datang di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar!! Horeee!! Untuk pertama kalinya saya menginjakkan kaki di tanah Sulawesi tepatnya Sulawesi Selatan. Lebih tepatnya lagi sekarang saya ada di Makassar, sebuah kota yang mungkin merupakan kota terbesar di Sulawesi. Rasa senang, gembira, excited muncul begitu saja apalagi melihat tempat yang menjadi pijakan pertama saya (Bandara Sultan Hasanuddin) terlihat begitu mempesona. Kalau sebelumnya saya hanya melihat melalui foto, kali ini saya melihatnya secara langsung. Bandara yang baru diresmikan tahun 2008 ini terlihat sangat cantik dengan perpaduan antara unsur lokal dan modern. Unsur lokal terlihat dari motif-motif kapal pinisi yang menjadi khas daerah Sulsel. Sementara unsur modern terlihat dari pemilihan warna yang dominan putih, kemudian ruangan didominasi kaca sehingga sinar matahari bisa masuk dengan bebas membuatnya semakin cerah. Konsepnya sih sebenarnya nggak jauh beda dengan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Namun desain keseluruhan Bandara Sultan Hasanuddin jauh lebih menarik dibanding Terminal 3 Soetta yang hanya berbentuk seperti lontong memanjang. Bandara Juanda juga tergolong baru dengan umur yang relative sama, hanya saja desain Bandara Juanda lebih bernuansa daerah dengan bentuk rumah joglo seperti itu. Sementara desain Bandara Sultan Hasanuddin lebih fresh dan lebih modern.
bandara sultan hasanuddin

bandara sultan hasanuddin

bandara sultan hasanuddin

Untuk bagian interior bandara yang satu ini juga nggak neko-neko. Ruang tunggu penumpang terletak memanjang dengan ruangan yang cukup lega. Pada bagian atapnya terdapat motif kotak-kotak merah-putih. Saya kurang paham maksud motif yang satu ini. Berbagai hal yang cukup modern namun tidak meninggalkan motif lokal. Di salah satu ruangan terdapat sebuah kapal pinisi yang menjadi khas masyarakat Bugis. Berbagai kios juga berjejer dengan rapi tidak jauh dari ruang tunggu penumpang. Saya jadi pangling, lagi di Indonesia atau di luar negeri. Dari segi desain, menurut saya bandara ini yang paling layak disebut dengan bandara internasional. Namun ada sedikit yang menurut saya kurang pas. Seandainya kaca-kaca di yang membatasi ruang tunggu itu tidak menggunakan frame alias frameless pasti akan lebih WOW lagi. Overall, Bandara Sultan Hasanuddin CAKEEEP! Good job Makassar!!

Sedikit cerita mengenai Bandara Sultan Hasanuddin, bandara ini biasa dikenal dengan sebutan gerbang Indonesia Timur. Ya walaupun lokasinya tidak benar-benar berada di Indonesia Timur, melainkan di Indonesia Tengah, tapi sebutan tersebut cukup pantas mengingat Bandara Sultan Hasanuddin merupakan hub untuk penerbangan ke Indonesia Timur. Terhitung setidaknya ada lebih dari 10 maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Makasar baik domestik maupun internasional. Ada Garuda Indonesia, Citilink, AirAsia, Lion Air, Wings Air, Batavia, Sriwijaya, Express Air, Trigana, dan beberapa maskapai kecil yang menerbangi rute-rute perintis. Kebanyakan maskapai yang terbang dari Makassar ini melayani rute ke berbagai kota dan kabupaten di Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, dan Papua. Sementara untuk ke arah barat didominasi rute ke Pulau Jawa meliputi Surabaya, Jogja, dan Jakarta. Rute ke Kalimantan kalau saya nggak salah hanya ada ke Balikpapan. *correct me if I’m wrong*

bandara sultan hasanuddin

bandara sultan hasanuddin

Perlu diingat, bandara yang mempunyai IATA Code UPG ini terletak di Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Jadi bandara ini tidak benar-benar berada di wilayah Makassar, melainkan sudah masuk wilayah Maros. Seperti halnya kebanyakan bandara-bandara lain di Indonesia, jarak antara bandara menuju ke kota bisa dibilang cukup jauh. Dari Bandara Sultan Hasanuddin hingga pusat Kota Makassar berjarak sekitar 25 km. Jarak yang cukup jauh bukan? Dengan jarak yang sedemikian jauh biasanya yang dipertanyakan adalah akses transportasi menuju kota. Cara termudah adalah dengan menggunakan taksi. Sayang opsi tersebut merupakan opsi yang pertama kali dicoret dibenak para backpacker. Bagaimana cara keluar dari Bandara Sultan Hasanuddin ke Kota Makassar dengan ongkos yang murah? Tunggu tulisan berikutnya..


16 komentar:

  1. untungnya waktu pertama ke Makassar , aku dijemput sama klien. kebetulan dalam rangka dnas... naaah yang jadi masalah gimana kalau lagi ngga dinas, sementara jarak dari airport ke kota kan lumayan jauh... Aku tunggu postinganmu selanjutnya om... hahahaha

    BalasHapus
  2. enaknya kalo dijemput, taunya beres.. hehe.. bingungnya kalau mau kesana lagi pergi sendiri.. :D

    siip ditunggu aja ntar.. ;)

    BalasHapus
  3. ini beneran lagi liburannya sekarang nih mas ? atau ini cerita abad keberapa yang baru di post sekarang ? :P
    udah lama juga nih ak gg main kesini mas :(

    BalasHapus
  4. nggak itungan abad juga kali tir -__-

    ini perjalanan bulan lalu.. hehehe.. kalo jalan2 mana sempat nulis begini.. laptop aja gak bawa.. :D

    BalasHapus
  5. Besok pagi saya terbangggggggg ke makassar hehhe

    BalasHapus
  6.  Heathrow? kejauhan deh kayaknya :))

    BalasHapus
  7. Tambahan lagi mas....utk rute Makasar - Kalimantan bukan hanya Balikpapan, Banjarmasin juga ada dengan Merpati Airlines yang melayani rute tersebut. Trmksh...

    BalasHapus
  8.  terima kasih mas andi atas tambahannya..:)

    BalasHapus
  9. hahaha emang sih, tapi baguslah indonesia ada kemajuan, seperti bandara lombok juga mirip kaya sultan hasanudin ya ka?

    tahun ini Radin intan II juga mau di renovasi ka, kata gubernurnya sih mau jadi bandara Internasional.. beberapa bulan yang baru runway diperluas dan uji coba 747 kak, keren Radin Intan II sekarang, hehehe

    BalasHapus
  10. good article....... :)
    sy berasal dari sana, jd sangat senang membaca tulisan anda.
    di tunggu tulisan yg lain tentang Indonesia

    BalasHapus
  11.  thanks mas.. ditunggu saja ya ;)

    BalasHapus
  12. mas,kalo maskapai yang melayani rute internasional dari bandara sultan hasanuddin apa  aja,dan kemana aja ya mas?
    thnks.. :)

    BalasHapus
  13. AirAsia ke Kuala Lumpur dan Garuda ke Singapore :)

    BalasHapus
  14. maaf mau tanya kalau dari makasar ke luar negara(malaysia)syaratnya selain pasport surat npwp?

    BalasHapus