21 Februari 2012

Transportasi Menuju Toraja

transportasi ke toraja

Tana Toraja merupakan salah satu tempat yang menjadi kunjungan utama turis yang datang ke Sulawesi Selatan. Adat budaya Toraja yang begitu kental cukup menyedot perhatian. Tidak hanya turis lokal, tapi juga turis mancanegara. Bagaimana menuju Toraja? Yang jelas pastikan dulu Anda berada di Makassar. Persoalannya adalah jarak dari Makassar sebagai ibukota Sulawesi Selatan dengan Toraja masih cukup jauh sekitar 320 km. Ada beberapa alternative transportasi yang bisa digunakan untuk menuju Toraja. Cara yang paling cepat adalah dengan melewati jalur udara. Menurut info, Express Air menerbangi Makassar-Toraja dua kali dalam seminggu. Dari segi jadwal memang tidak fleksibel, tapi kalau Anda tidak mau capek ya bisa saja mengepaskan jadwalnya. Untuk jadwal pastinya tidak saya tulis disini karena kemungkinan besar bisa berubah-ubah. Silahkan hubungi Express Air Makassar (0411-833555) untuk info jadwal dan reservasi. Saat ini Express Air belum memanfaatkan sistem online untuk pemesanan tiket. Untuk harga tiket harusnya nggak terlalu mahal karena disubsidi oleh Pemda. Kemungkinan antara 250.000-300.000 sekali jalan.

Untuk cara yang kedua merupakan alternative yang lebih murah, namun dengan waktu tempuh yang cukup lama yaitu dengan menggunakan bus. Perjalanan darat Makassar-Toraja bisa ditempuh dalam waktu 8-10 jam. Rupanya jalur darat Makassar-Toraja merupakan jalur yang cukup padat. Sangat banyak operator bus yang mempunyai rute ini. Salah satunya adalah Bus Litha & Co. Sepertinya perusahaan otobus yang satu ini cukup banyak direkomendasikan di internet. Dalam pemilihan jadwalnya juga sangat fleksibel kok. Kalau Anda mau berangkat pagi-siang ada, mau berangkat malam juga ada. Yang saya tahu setidaknya Bus Litha berangkat dari Makassar ke Toraja lima kali dalam sehari. Cukup fleksibel kan? Bagimana dengan tarifnya? Untuk perjalanan yang menempuh jarak lebih dari 300 km tersebut Bus Litha mematok harga 100.000 untuk kelas AC Super Executive, 80.000 AC VIP, dan 75.000 untuk Non AC. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget Anda. Namun saya merekomendasikan Anda memilih kelas AC Super Executive karena tempat duduknya jauh lebih nyaman. Mengingat perjalanan yang ditempuh cukup jauh. Apalagi selisih harganya juga beda tipis. Nah, dua sampai tiga hari sebelum keberangkatan ke Toraja sebaiknya Anda pesan tiketnya terlebih dahulu. Ini untuk mengantisipasi agar Anda tidak kehabisan tempat duduk. Cukup telpon saja kok, nanti di hari keberangkatan Anda datang ke perwakilan bus untuk membayar tiketnya. Alamat Bus Litha & Co berada di Jalan Urip Sumoharo KM 7-Makassar dengan nomor telepon 0411-442262 atau 442263.

Selain Bus Litha & Co masih banyak perusahaan otobus lain yang bisa dijadikan pilihan. Sebut saja Bintang Prima, Bintang Timur, Mulia Indah, Charisma, Batu Tumonga, Metro Permai, dan beberapa lagi yang tidak saya ingat. Rata-rata bus-bus tersebut juga memiliki kantor di Jalan Urip Sumoharjo seperti halnya Bus Litha & Co. Jadi kalau Anda nggak kebagian tiket Bus Litha & Co segera saja hubungi perusahaan bus yang sudah saya tulis tersebut. Nggak usah khawatir masalah busnya jelek-jelek atau gimana. Bus-bus jarak jauh di Sulawesi itu bagus-bagus. Nggak cuma bagian luarnya saja, tapi juga interiornya. Malah saya lihat Bus Bintang Prima, Bintang Timur, Charisma, dan Metro Permai kondisi fisiknya masih lebih bagus daripada Litha & Co. Harga tiketnya juga sami mawon.. Ya sudah yuk berkemas dan bersiap menuju Toraja.. :D


11 komentar:

  1. Tana Toraja selalu jadi impianku. Suatu saat pengen kesana, semoga kesampaian.
    Salam

    BalasHapus
  2. semoga bisa lekas ke toraja ya mbak :)

    BalasHapus
  3. waktu dinas pertama ke Makassar pengen maling-maling waktu ke Toraja, sayang setelah hitung-hitungan ternyata waktunya ga cukup.. jadi batal deh.. hahahaha

    BalasHapus
  4. kalopun mau maling waktu juga butuhnya 2 hari.. bisa nggak tuh maling waktu segitu.. ahahaha..

    BalasHapus
  5. Ini impian saya bisa sampai di sana. Meskipun ada teman yang siap antar jemput selama di Toraja, masih maju mundur karena waktu yang dibutuhkan pastilah sangat banyak. Coba bisa libur seminggu tanpa dicari sama kerjaan...

    BalasHapus
  6. ada satu lagi Mas, namanya Pelangi....ini versi ekonominya. hihihi. harga cuma 60rb. tapi siap-siap saja kepanasan di jalur Maros - Maroangin karena bus ini nggak ada AC. Selepas Maroangin, bus mulai menanjaki wilayah Enrekang yang bergunung-gunung...jadi, nggak pakai ac pun gapapa hehehe...

    pengalaman indah saya bersama Litha adalah menaiki bus VIP tersebut saat malam hari, melihat bulan sabit bersinar cerah di langit dengan latar kegelapan malam yang luar biasa, pohon-pohon yang nampak menakutkan saking gelapnya sekitar, dinginnya Pare-Pare dan  Buntu Kabbobong, hingga pemandangan di pagi hari yang menurut saya belum ada bandingannya selama saya berbackpacker : dari dalam kabut tiba-tiba menyeruaklah gereja atau Tongkonan saat bus sudah sangat dekat dengan objek tersebut...huaaaaa....saya sudah sampai di Tana Toraja! kangennnn ^^

    BalasHapus
  7. sebenernya 2-3 hari cukup kok buat ke toraja doang.. :D

    BalasHapus
  8. saya malah nggak liat mas bus pelangi.. kalo pengalaman saya naik bus litha malam hari sebelum sampai enrekang, di tengah kegelapan malam tiba2 nongol dua ekor kerbau nyeberang jalan.. bwahhahaha

    BalasHapus
  9. Mas, waktu ke Toraja itu dulu dari hari apa sampai hari apa? Apa pas weekend? Saya cari2 info soal ini di tulisan mas tapi belum nemu harinya, cuma nemu durasinya..matur nuwun.

    BalasHapus
  10.  berangkat senin malam dari makassar. cuma sehari di toraja.. selasa malam sudah kembali lagi ke makassar

    BalasHapus
  11. mas, ada info penginapan disana? maaf saya belum membaca semua blog mas. salam, oky

    BalasHapus