15 Februari 2012

Visit South Sulawesi 2012 - Best Nature Asia

tana toraja

Judul di atas merupakan slogan pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan yang banyak tertempel dimana-mana. Tidak bisa dipungkiri, Sulawesi Selatan memiliki potensi wisata yang luar biasa. Banyak objek-objek menarik yang bisa disaksikan di Sulawesi Selatan. Mulai dari keunikan Tana Toraja sampai dengan kecantikan Pantai Tanjung Bira. Hal-hal ini sangat menarik minat saya untuk menjelajah provinsi yang satu ini. Trip ke Sulsel saya lakukan pada bulan Januari 2012 saat libur semester. Dengan modal tiket pesawat Citilink yang hanya seharga 79.000 sekali jalan yang saya beli kurang lebih 3 bulan sebelumnya, saya nekat ke Sulsel yang belum pernah saya datangi sebelumnya selama 6 hari 5 malam seorang diri. Yah solo traveling memang bukan hal yang baru bagi saya. Hampir 90 persen perjalanan saya dilakukan sendirian saja. Pasti ada untung ruginya melakukan solo traveling. Ruginya jelas, selama perjalanan biasanya akan kesepian karena nggak ada teman ngobrol. Selain itu juga nggak bisa sharing biaya seperti penginapan maupun sewa kendaraan. Tapi keuntungannya juga nggak sedikit loh. Dengan solo traveling saya malah bisa membaur dengan penduduk lokal, mengetahui dan menggali banyak hal tentang mereka, menemukan teman-teman baru, dan masih banyak lagi. Bayangkan kalau saya traveling rame-rame, pasti saya akan lebih sibuk ngobrol dengan teman-teman saya.

Nah dalam perjalanan ke Sulsel ini sedikit banyak saya mendapat pencerahan dari Mas Lomar Dasika yang sudah lebih dulu kesana tentu dengan berbagai perubahan disana-sini untuk menyesuaikan dengan jadwal saya. Thanks Mas Lomar atas infonya. Hoho.. Pada dasarnya saya kan pergi ke empat destinasi yang meliputi objek-objek wisata di Kota Makassar, Tana Toraja, Taman Nasional Bantimurung, dan Tanjung Bira. Alhamdulillah dalam perjalanan kemaren tidak ada kendala yang cukup berarti. Dengan waktu sekitar 6 hari 5 malam saya hanya menghabiskan budget 1,3 juta sudah termasuk tiket pesawat PP, makan, penginapan, transport, airport tax, tiket masuk objek wisata, dan lain-lain. Konsekuensinya dalam perjalanan ini bener-bener ngegembel untuk menghemat budget sampai segitu. Hal yang paling menguras dompet selama traveling di Sulsel adalah untuk makan dan transport. Harga makanan disana cukup mahal, bisa dua kali lipat harga makanan di kota besar seperti Surabaya. Untuk transport juga lumayan karena jarak yang ditempuh dari satu lokasi ke lokasi lain cukup jauh. Bahkan untuk Makassar-Toraja saja bisa ditempuh dalam waktu 9-10 jam. Oh ya, trip ke Sulsel ini akan saya mulai dari Jogja karena kebetulan saya waktu itu ke Jogja dulu. Bagaimana tripnya? Ikuti terus ya di blog ini.. Hehe


8 komentar:

  1. Yaaaaaah postingannya nangggguuungggg -____- padahal postingan tentang sulsel paling saya tunggu.
    btw mampir ke rammang-rammang gak yak? ato di leang, butuh inpoh neh bang.
    trus di Toraja rute tournya kemana aja, sumpah masih blank haha, padahal minggu ini berangkat....

    BalasHapus
  2. wkwkwkwkwkwkk... sayang nggak mampir ke leang-leang karena waktu itu bantimurung hujan deras -____-"

    leang-leang ada di dekat pasar pakalu kalo nggak salah.. kurang lebih 1 km sebelum taman nasional bantimurung kalo dari arah maros.. nanti kalo ke bantimurung ngelewatin jalan ke arah leang-leang kok..


    toraja: ke'te kesu, buntu pune, londa, ti'ilangan, lemo, baby graves (kambira), makale.. ada lagi yang lain sih kalo sempet..

    BalasHapus
  3. ahahaha ejaannya susah susah yak

    BalasHapus
  4. ditunggu komplit kisahnya mas.... citilink 79.000 kapan ada lagi yah

    BalasHapus
  5. hebat.. udah ke toraja.. saya yang dua tahun bolak balik ke makassar malah blom pernah ke toraja sekalipun. hahahah.. nasib orang kerja :D

    BalasHapus
  6. duh gak tau ya kapan lagi.. beberapa hari yang lalu sih promonya 139.000

    BalasHapus
  7. sulsel emang keren. sayang saya baru sempat ke makassarnya aja

    BalasHapus
  8. mungkin next time harus nyobain ke daerah2nya mbak 

    BalasHapus