27 Maret 2012

Tidur Nyaman Di Sunshine Guest House, Tanjung Bira

sunshine guest house tanjung bira

Rasanya cukup sulit datang ke Tanjung Bira harus pergi-pulang dalam waktu sehari mengingat perjalanan yang lumayan jauh, ditambah lagi kalau naik angkutan umum yang ngetemnya bisa berjam-jam. Meskipun sudah berangkat pagi-pagi dari Makassar, nyatanya saya baru bisa sampai di Tanjung Bira saat matahari akan tenggelam. Di saat seperti itu dipastikan sudah tidak ada lagi angkutan umum ke Bulukumba ataupun Makassar. Yah mau tidak mau saya harus menginap di Tanjung Bira.

Tidak perlu khawatir mengenai akomodasi di Tanjung Bira. Di sana banyak sekali penginapan, villa, bungalow, maupun hotel yang bisa digunakan untuk bermalam. Dari segi harga tentu juga sangat bervariasi. Kebetulan saat di Bira saya sudah mendapatkan referensi penginapan yang sesuai budget saya. Namanya adalah Sunshine Guest House. Menurut info, dulu namanya adalah Riswan Guest House. Kemudian berganti nama menjadi Nini’s Guest House, dan sekarang berubah lagi menjadi Sunshine Guest House. Antara Nini’s Guest House dan Sunshine Guest House sama saja kok, hanya namanya saja yang berubah. Sementara pemiliknya tetap yaitu Nini, seorang wanita muda berbadan mungil, kulit agak gelap, dan senantiasa berpakaian seksi a la anak pantai yang banyak ditemui di Kuta (Bali). Suer lho ini nggak bohong! Hihi..

sunshine guest house tanjung bira

sunshine guest house tanjung bira

sunshine guest house tanjung bira

Menariknya, bangunan Sunshine Guest House yang terdiri dari dua lantai ini hampir keseluruhan terbuat dari kayu. Mulai dari dinding, langit-langit, hingga lantai. Total kamar yang disediakan kalau tidak salah hanya ada 6-8 kamar saja dengan rincian 6 kamar di lantai atas, sedangkan 2 kamar lagi di lantai bawah. Saya sendiri kebagian kamar di lantai atas yang dilengkapi dengan dua kamar mandi. Kamar di Sunshine Guest House cukup sederhana, namun bersih. Di dalam kamar terdapat dua tempat tidur ukuran kecil (twin bed), lemari, dan kipas angin. Di dinding ruangan juga terdapat lukisan abstrak yang saya nggak tahu itu lukisan apa. Selain itu juga ada gambar bunga sebagai hiasan. Dengan harga yang cuma 120.000 per malam rasanya fasilitas itu sudah cukup. Apalagi harga sudah termasuk sarapan dengan menu a la western yaitu berupa roti panggang, telur mata sapi, buah, dan pilihan minuman antara kopi atau teh. Lebih menarik lagi karena di lantai atas ini terdapat pool table yang bisa digunakan untuk bersantai. Pool table menghadap ke pantai pula. Dari sini saja sudah bisa menyaksikan pemandangan Tanjung Bira yang mempesona.

Nah di Sunshine Guest House ini saya merasa agak asing. Gimana nggak? Dari semua penghuni kamar yang ada, hanya saya seorang yang turis lokal. Semua kamar full dan isinya bule semua. Sialnya lagi, hampir semuanya berpasangan. Ahahaha.. Tapi mereka rata-rata ramah kok. Kami hampir pasti bertegur sapa saat bertemu. Malah sempet ngobrol-ngobrol lama juga saat santai di pool table. Tahu kalau saya orang lokal, bule-bule ini tidak sungkan-sungkan mengucapkan “Selamat Pagi, Selamat Sore, atau Selamat Malam” saat bertemu. Mereka juga sempat bertanya kalimat-kalimat dalam Bahasa Indonesia yang sering diucapkan. Yah mungkin salah satu cara untuk mengakrabkan diri dengan orang lokal kali ya.

sunshine guest house tanjung bira

sunshine guest house tanjung bira

sunshine guest house tanjung bira

Menurut saya Sunshine Guest House menjadi penginapan yang saya rekomendasikan di Tanjung Bira. Dengan uang 120.000 bisa istirahat nyenyak dan nyaman. Apalagi lokasi penginapan juga tidak jauh dari pantai, hanya sekitar 200 meter saja. Sayang saya lupa nggak minta nomor telepon yang bisa dihubungi. Saya sendiri go show saat menginap di Sunshine Guest House. Mungkin nanti kalau saya sudah dapat nomornya akan saya tambahkan di sini.


20 komentar:

  1. wooow... murah tapi kamarnya bersih sekali, terlihat dari spreinya yang putih kinclong itu... 

    BalasHapus
  2. Meutia Halida Khairani27 Maret, 2012 09:47

    subhanallah viewnya.. keren banget banget banget... O_O
    cuma 120rb, bisa gilaa

    BalasHapus
  3. lengkap ulasannya
    posting berbayar nih bro..hehe

    BalasHapus
  4.  ho'o mas, recommended bangeeet nih!

    BalasHapus
  5.  iya mut, sederhana cuma 120rb tapi view-nya baguss..

    BalasHapus
  6. hihihi...mungkin ini adalah salah satu penginapan di Bira yang hobi banged berganti nama kali yah :p dulu waktu namanya Riswan, pemiliknya bukan si Teh Nini...eh #ups... maksud saya Dara Nini :p konon dulu namanya Riswan, dan dijual ke si Nini ini. hihihi. mengenai mengapa dia berubah nama menjadi SUnshine, saya ngga tahu deh. dulu namanya masih Nini's :p *dan harganya RP 85.000* hihihi

    entah udah berubah atau ngga, Nini bisa dihubungi di 081355415379 atau ninibone@hotmail.com :D

    ahh...berasa de javu deh Mas Tri....hampir tidak ada yang berubah dari Nini;s Guest House ini ^^

    BalasHapus
  7. tadinya saya hubungin nomer itu mas, tapi nggak bisa.. alhasil go show.. untuk masih dapet kamar yang kebetulan tinggal satu-satunya :D

    BalasHapus
  8.  oww...too bad. su ganti nomor ji?

    BalasHapus
  9. hi mas tri, makasih byk ya atas rekomendasi tempat kami di blog ini. makasih jg dah dibilang sexy( kok mirip ama comment mas Lomar ). 
    Oh iya, ini nomor yg bisa dihubungi 0821 909 311 75.
    Skali lg, thank you so much for your recommended and for staying in our place.

    nini, gav, sunshine

    BalasHapus
  10. hi mas Lomar, iya nih ganti nama lagi. Sunshine itu nama anak saya, klo nanti nambah anak lg, mungkin sunshine guest house ganti lg kali ya...hehe...

    BalasHapus
  11. sama-sama kak nini.. thaks juga udah kasih nomer hp-nya.. ;)

    BalasHapus
  12. kayaknya daripada ganti lagi mending nambah satu guest house lagi deh kalo anaknya nambah.. hihihihii...

    BalasHapus
  13.  Iya Teh Nini #loch koq jadi Sunda setuju sama Bang Tri. Kalau nambah anak lagi, ntar nambah guesthouse aja. atau nambah fasilitas, misalnya Restoran, Live Music, atau apa gitu ^^

    BalasHapus
  14. Wah, terimakasih banyak infonya Mas. Saya rencananya akan ke Bira waktu libur lebaran nanti. Sepertinya akan menginap di Sunshine GH ni, sesuai rekomendasi artikelnya..hehe

    BalasHapus
  15. Lebih baik nanti telpon kak nini dulu buat reservasi.. selamat berlibur.. :)

    BalasHapus
  16. Teh Nini, saya mau ke Bira tanggal 8 Februari 2013 ini, tapi belum tau mau nginap dimana, sepertinya ini ulasan recomended banget, patut dipertimbangkan, nomor Teh Nini yang diatas sudah saya catat, kemungkinan saya sampai Tanjung Bira pas matahari tenggelam karena berangkat dari Makassar siang. Btw ada yang tau gak kira2 nomor telepon driver angkutan umum yang bisa janjian sama saya jemput di Makassar, biar saya gak terlalu lama nunggu angkutannya. trims infonya, bermaat sekali blog ini.

    BalasHapus
  17. Nurwahidah Wahidah09 November, 2013 21:09

    Sekarang gimana ya? Tiket sdh punya, 2 minggu lagi ke Makassar. Sy ikut rutenya m' Tri Setyo Wijanarko nih... semoga keadaannya tidak begitu berubah.

    BalasHapus
  18. Halo... saya mau tanya donk, kalo dari pantai bira nya jalan berapa jauh ya?

    BalasHapus