10 Maret 2012

[TIPS] Liburan Murah A La Backpacker Ke Toraja

tongkonan toraja

Tana Toraja yang terletak di Sulawesi Selatan merupakan salah satu destinasi wisata eksotis yang wajib dikunjungi. Keindahan alam dan budaya Toraja begitu memikat wisatawan. Tidak hanya turis lokal, tapi juga turis dari mancanegara. Sayangnya lokasi Toraja yang begitu jauh dari ibukota provinsi membuat banyak orang menganggap traveling ke Toraja membutuhkan banyak waktu dan biaya. Padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Ada banyak cara untuk membuat traveling ke Toraja menjadi murah dan tidak memakan banyak waktu, tapi tetap bisa melihat banyak objek wisata di Toraja. Bagaimana caranya?

1. Manfaatkan Promo Maskapai Penerbangan

Step pertama tentu Anda harus pergi ke Makassar sebagai ibukota Sulawesi Selatan. Ada banyak maskapai yang melayani penerbangan ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Sering kali beberapa maskapai memberikan harga promo yang cukup fantastis. Sebagai contoh saya sendiri pergi dari Surabaya ke Makassar mendapatkan tiket promo Citilink hanya dengan harga 79.000 sekali jalan. Otomatis untuk pulang pergi Surabaya-Makassar-Surabaya hanya cukup mengeluarkan uang 158.000 saja.

2. Berangkat Dari Makassar Ke Toraja Pada Malam Hari

Perjalanan darat Makassar-Toraja ditempuh dalam waktu 8-9 jam. Dari Makassar ke Toraja banyak sekali tersedia bus-bus yang siap mengantarkan Anda. Sebut saja Bus Litha, Bintang Prima, Bintang Timur, Batu Tumonga, Charisma, Metro Permai, dan lain-lain. Selain mempunyai keberangkatan pada pagi atau siang hari, bus-bus itu juga mempunyai jadwal keberangkatan pada malam hari. Pada malam hari biasanya bus akan berangkat pukul 8 hingga 10 malam. Tiket bus dari Makassar ke Toraja dengan bus AC rata-rata berharga 100.000 sekali jalan. Sedangkan untuk yang Non AC tarifnya 75.000. Berangkat pada malam hari tentu bukan menjadi masalah jika naik bus Non AC dengan tarif yang lebih murah. Udara tidak akan terasa panas kok. Namun kalau Anda ingin naik bus yang lebih nyaman tentu bus AC bisa menjadi pilihan. Lagipula tarifnya tidak terpaut terlalu jauh kan? Bus-bus ini akan tiba di Toraja (Rantepao) pada pagi hari antara pukul 5-6 pagi. Dari sini Anda sudah siap mengeksplor Toraja! Oh ya, ada baiknya pesan tiket bus 2-3 hari sebelum keberangkatan. Silahkan hubungi kantor perwakilan masing-masing bus untuk melakukan reservasi. Cukup telepon saja untuk memesan, bayarnya nanti saat Anda sudah sampai di Makassar dan akan berangkat ke Toraja.

bus ke toraja

3. Sewa Motor Untuk Keliling Toraja

Bagi Anda yang traveling sendiri atau berdua akan lebih hemat jika Anda menyewa sepeda motor. Harga sewa motor di Toraja memang lebih mahal dibandingkan dengan harga sewa di Bali. Untuk satu hari biasanya penyewa akan mematok harga 80.000. Harga ini juga tergantung dari tipe motornya. Tipe motor matic memiliki harga sewa yang lebih mahal dibandingkan dengan tipe motor semi manual. Ini tergantung pilihan Anda saja, lebih nyaman menggunakan motor yang mana. Perlu diingat, banyak objek wisata di Toraja terletak agak ke dalam, cukup jauh dari jalan raya. Malah di beberapa objek jalannya cukup sulit diakses dengan mobil. So, motor adalah pilihan yang tepat!

4. Sehari Keliling Toraja Cukup!

Dalam waktu sehari sebenarnya sudah cukup untuk melihat objek-objek wisata utama di Toraja. Kenapa? Kebanyakan objek-objek di Toraja memiliki karakteristik yang serupa yaitu berupa rumah adat Tongkonan dan kuburan alami. Sebut saja Buntu Pune, Ke’te’ Kesu’, Londa, Tilanga, Lemo, dan Kambira. Bahkan kalau cuaca sedang baik atau Anda datang ke Toraja saat musim kemarau, akan lebih banyak lagi objek yang bisa didatangi. Ini nggak skimming lho, saya rasa berhenti di masing-masing objek selama 1 hingga 2 jam (max) sudah cukup. Bahkan di beberapa objek mampir 30 menit saja sudah lebih dari cukup untuk sekedar melihat-lihat. Kenapa? Karena nggak ada tempat duduk yang bisa digunakan untuk santai dan berlama-lama. Toh siapa juga yang betah berlama-lama di kuburan?

lemo

5. Selektif Dalam Memilih Makanan

Harga makanan di Toraja umumnya mahal-mahal. Harga makanan 20.000 merupakan harga standar. Bagi Anda yang muslim bisa memilih warung-warung muslim yang banyak terdapat di Rantepao. Biasanya harga makanan di warung-warung ini berkisar antara 10.000-25.000. Untuk menu makan, sesuaikan saja dengan selera Anda.

6. Tidak Perlu Menginap, Langsung Kembali Ke Makassar

Setelah Anda keliling Toraja melihat aneka Tongkonan dan kuburan alami serta menikmati keindahan Toraja, saat malam Anda tidak perlu menginap. Anda langsung saja kembali ke Makassar. Sama seperti saat berangkat, banyak sekali bus-bus yang bisa mengantar Anda kembali dari Toraja (Rantepao) ke Makassar. Bus-bus ini juga akan berangkat antara pukul 8 hingga 10 malam. Tarif busnya tentu saja akan sama dengan saat Anda berangkat. Ada baiknya pesan tiketnya terlebih dahulu ya untuk mengantisipasi agar tidak kehabisan. Bus ini akan tiba di Makassar antara pukul 5 hingga 6 pagi. Sesampainya di Makassar terserah Anda, apakah mau langsung kembali ke kota Anda atau mau jalan-jalan dulu keliling Makassar. Jika Anda ingin langsung kembali ke kota Anda dengan pesawat, bus-bus ini bersedia kok mengantarkan Anda masuk ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar tanpa biaya tambahan.

Dengan menggunakan cara di atas menurut saya bisa menghemat pengeluaran yang cukup signifikan tapi tetap bisa melihat Toraja dari dekat. Selain itu juga tidak dibutuhkan waktu yang terlalu lama. Anda bisa berangkat dari rumah hari Jumat siang, hari Minggu sudah bisa ada di rumah lagi, dan Senin sudah bisa beraktifitas seperti biasa. Ya efek dari perjalanan seperti ini memang agak sedikit melelahkan karena selama dua malam tidur di bus. Tapi bagi para pecinta petualang tentu hal ini tidak akan menjadi masalah. Iya nggak?

Biaya akomodasi:
  • Tiket pesawat ke Makassar PP (harga bisa berubah-ubah)
  • Airport tax 40.000 x 2 = 80.000
  • Bus Makassar-Toraja PP 200.000 (AC) atau 150.000 (Non AC)
  • Sewa motor sehari 80.000
  • Makan & jajan di Toraja 50.000
  • Tiket masuk objek-objek wisata 50.000 (aslinya nggak sampai segini)
  • Lain-lain 50.000

Nomor-nomor telepon penting:
  • Bus Litha Makassar 0411-442263 (Jalan Urip Sumoharjo KM 7, Makassar)
  • Bus Bintang Prima 0411-4772888 (Jalan Perintis Kemerdekaan Ruko Tello No. 22)
  • Bus Litha Rantepao 0423-21204
  • Bus Bintang Prima Rantepao 0423-21142
  • Sewa motor Lebonna 0423-23520 (Jalan Monginsidi 102 Rantepao)

Beberapa maskapai penerbangan yang terbang ke Makassar:

Note: Tulisan ini berdasarkan perjalanan saya ke Toraja pada Januari 2012


22 komentar:

  1. rie ramadhaanie11 Maret, 2012 05:43

    Sudah lama gak main kesiniiii... banyak yang berubah *surprised* :D

    Awalnya aku gak ngerti loo kalo Toraja itu adanya di Sulawesi Selatan, kukira di Sulawesi Utara. Hehehe. tipsnya lengkap banget mas,. sangat berguna. Tapi kapan kesananyaaaahhh...TT___TT
     

    BalasHapus
  2. iya ar, ini ganti template walaupun pada dasarnya nggak beda jauh sama yang dulu.. mudah-mudahan aja sih lebih ringan.. x_x

    kapan kesana? harus secepatnya ar.. hihihii

    BalasHapus
  3. nurhasty natalina sari14 Maret, 2012 06:22

    Yang pasti dibutuhin tenaga yg super fit krn perjalanan daratnya aja kan lumayan.

    BalasHapus
  4. betul mbak.. badan harus prima kalo mau jalan kayak gini.. :D

    BalasHapus
  5. mantappppp! hehehe. wah, sudah dua tahun berselang ternyata harga tiketnya pun sudah naik yaaa...hehehe. saran saya satu lagi mengapa kita harus ke Tana Toraja pagi-pagi adalah karena bisa melihat pemandangan spektakuler Tana Toraja yang berselimut kabut. Salah satu pemandangan luar biasa yang ada di bumi, mudah mudahan saya nggak lebay. Plus, bener banged, kita bisa hemat biaya kamar kalau melakukan perjalanan malam dengan bus. Btw, ACnya bus litha dingin bangeddddd...saya melihat sejumlah penumpang lain sudah siap dengan membawa bantal besar, selimut, bahkan hingga boneka. saya yang nggak tahu apa apa menggigil semalaman karena baju yang tipis. hihihihi....

    BalasHapus
  6.  iya mas, harga tiketnya udah naik.. mungkin bentar lagi juga naik lagi seiring dengan kenaikan harga bbm.. hehe.. pemandangan kabut pagi hari bagus sih mas, tapi saya mandanginnya sambil merem-melek. matanya masih ngantuk.. hehe.. masalah dingin di bus sih saya udah siap baju tebal untuk mengantisipasi.. pengalaman dulu sering ke lampung naik bus.. hehe..

    BalasHapus
  7. kereeen banget, inspiring article and easy to follow. Aku ada rencana backpacking ke Toraja tahun ini. kebantu banget dengan artikel2nya. Keep writing, keep inspiring!!

    BalasHapus
  8. Hardianto boroallo12 Agustus, 2012 18:03

    Buat penginapan aku bisa bantu cari yang Murah.
    Soalnya aku oRang asli TORAJA...
    Share aja..

    BalasHapus
  9. Thanks infonya... Sgt bermanfaat. saya rencana backpacking toraja tahun ini.

    BalasHapus
  10. Tahun ini saya juga berencana ke toraja.. artikelnya sangat inspiratif.. sebaiknya setelah ke toraja kemana ya?

    BalasHapus
  11. bisa ke maros/banti murung mas pas pulang lagi ke makassar

    BalasHapus
  12. terimakasih sharingnya mas...singkat tapi rinci dan bermanfaat. kami sekeluarga mau berangkat minggu depan, doakan lancar dan selamat mas.
    oya, klo sempat mampir di blog saya mas
    http://liburdulu.blogspot.com

    BalasHapus
  13. siaaap.. nanti saya berkunjung ke blognya :)

    BalasHapus
  14. dini laraswati25 Maret, 2013 08:15

    Hi Mas Hardianto.. boleh minta tolong bantuan untuk guest house/penginapan yg murah di Toraja ? hanya untuk 1 malem kok. Kalau googling di trip advisor sih Riana Guest House itu recommended tapi belum nemu contact person nya euy.... thanks in advance :)

    BalasHapus
  15. Permisi mas, saya suka artikelnya, saya tertarik untuk ke toraja nih. Mau nanya, saya kan cuma sendirian ke toraja, ga punya sim C dan ga biasa bawa motor pula, kira2 kalo mau nyarter ojek setempat aja ada ga ya mas buat keliling torajanya? terima kasih

    BalasHapus
  16. terima kasih artikel dan infonya. Bln juni saya akan ketoraja. Mohon info hotel.yg murah.

    BalasHapus
  17. Mas Hardianto. Bln juni dpn saya mau ketoraja. TP blum dot penginapan.atau guest house. Mohon infonya.. mas terima kasih

    BalasHapus
  18. thx info2nya...emang betul rekomended pake citilink..cos bnyk promonya. sy rencana pebruari2013. yg dpt promo 55rb..

    BalasHapus
  19. terima kasih infonya sangat membantu untuk backpacker pemula seperti saya, kalau ke toraja sinyal hp masih bagus? kalau kata teman2 sih pakai xl disana bagus..

    BalasHapus