27 Maret 2012

Tips Mendapatkan Tiket Promo AirAsia

promo airasia

Saat jaman seperti sekarang ini bukan sebuah hal yang mustahil lagi mendapatkan tiket pesawat yang harganya lebih murah dari kereta api atau bahkan lebih murah dari tiket bus ekonomi. Salah satu maskapai yang menjadi favorit para backpacker karena sering mengadakan promo salah satunya adalah AirAsia. Sering kali AirAsia memberikan harga yang fantastis murahnya. Siapa sih yang nggak kepengen naik pesawat seharga 100.000? Bahkan terkadang bisa lebih murah lagi misalnya 50.000 atau 10.000. Gratis pun pernah, tapi itu cerita lama. Belakangan sepertinya nggak pernah ada lagi tiket gratis. Hehe..

Nah mulai malam ini nanti AirAsia kembali mengadakan promo dengan tema AirAsia Big Deal. Namun seperti kebanyakan promo-promo sebelumnya, masih banyak orang yang nggak ngerti dan kesulitan dalam melakukan booking. Padahal booking bisa dilakukan dengan mudah asal tahu bagaimana triknya. Kali ini saya akan sedikit berbagi bagaimana mendapatkan tiket promo AirAsia dengan mudah dan nggak pake ribet. Tapi tentu saja ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu antara lain:

  1. Hal yang pertama dilakukan sebaiknya Anda sudah terdaftar dulu menjadi member AirAsia. Selain memudahkan dalam melakukan booking dan mengecek itinerary, dengan menjadi member Anda akan mendapatkan email pemberitahuan saat ada promo. Daftar jadi member nggak bayar kok, alias gratis. Bagi yang belum mendaftar, silakan daftar dulu di sini.
  2. Hal kedua yang perlu dipersiapkan adalah alat pembayaran. AirAsia hanya menerima dua tipe pembayaran yaitu dengan kartu kredit atau internet banking. Untuk internet banking juga hanya dua bank saja yang tersedia yaitu internet banking CIMB Niaga dan BCA. Untuk melakukan pembayaran, praktis Anda harus mempunyai salah satu dari tiga hal tersebut.
  3. Persiapkan identitas diri penumpang-penumpang yang akan berangkat. Kalau perlu dicatat nama lengkap, tanggal lahir, dan nomor KTP/Passport.
  4. Kalender untuk menentukan tanggal keberangkatan Anda. Yang jelas tanggal yang Anda tentukan harus sesuai dengan periode terbang yang diberikan maskapai.
  5. Internet yang kenceng karena promo hanya berlaku untuk pembelian secara online di website AirAsia.
Kalau Anda sudah memenuhi beberapa hal di atas, berarti Anda siap bertarung memperebutkan tiket murah dengan ratusan ribu orang di luar sana. Bagaimana triknya?

  • Rencanakan dulu rute perjalanan Anda, mulai dari rute hingga tanggal keberangkatan. Kemudian siapkan juga rute atau tanggal alternative jika pada tanggal tersebut tidak tersedia. Rute yang dimiliki AirAsia bisa dilihat di sini.
  • Biasanya promo AirAsia akan dimulai pada pukul 23.00 WIB. Pada hari pertama promo, jam segini ini website AirAsia diserbu banyak orang. Hasilnya akses ke website jadi sangat lambat. Tidak usah buang-buang waktu membuka website tersebut. Lebih baik matikan komputer atau laptop kemudian tidur. Set alarm saat subuh, shalat subuh dan doa dulu biar diberi kemudahan mendapat tiket murah. Hihihi.. Pada saat subuh biasanya orang-orang sudah terlelap tidur. Yang mengakses website lebih sepi sehingga website lebih smooth. Inilah kesempatan Anda.
  • Kalau perlu gunakan empat browser sekaligus secara bersamaan. Firefox, Internet Explorer, Chrome, dan Opera. Jangan membuka dua tab sekaligus dengan browser yang sama untuk masuk ke airasia.com.
  • Setelah bisa masuk ke website AirAsia, sekarang waktunya bagi Anda mencari rute dan tanggal yang Anda inginkan. Agar harga tetap murah sebaiknya Anda tidak perlu memilih opsi pembelian bagasi, makanan, hot seat, dan asuransi. Hilangkan saja opsi-opsi tersebut. Kalau Anda butuh nanti bisa dibeli kemudian. Perlu diperhatikan, Anda hanya punya waktu 10 menit mulai dari pencarian rute, pengisian data, hingga pembayaran. Jika lebih dari itu Anda akan masuk ke waiting room. Harus cepat!
  • Untuk pembayaran, saran saya lebih baik menggunakan internet banking saja jika ada. Selain lebih cepat dan tidak perlu mengisi form tambahan, juga tidak dikenakan convenience fee. Tentu total harganya akan lebih murah.
  • Kalau masih gagal buka website lewat PC atau laptop, coba gunakan aplikasi AirAsia untuk Blackberry, iPhone, atau Android. Kalau belum download aplikasi tersebut, silahkan download terlebih dahulu. Hanya saja pembayaran booking melalui aplikasi smartphone ini hanya bisa menggunakan kartu kredit saja.
  • Yang terakhir S-A-B-A-R. Namanya tiket promo harga murah jadi ya wajar kalau banyak yang mau dan rebutan. Ahaha..
Okay.. Selamat berburu tiket promo AirAsia Big Deal malam ini. Silahkan langsung kunjungi saja www.airasia.com.


12 komentar:

  1. akhirnya berhasil mendapat beberapa tiket untuk 2 trip sekaligus... hahahahaha

    BalasHapus
  2.  saya malah nggak ngambil mas, rute incaran saya harganya tidak sesuai yang diharapkan. surabaya-medan 275.000 sekali jalan masih kemahalan.. hihihii

    BalasHapus
  3. yang dibawah 100.000 cuma semarang-jakarta doank euy... kurang sip lah AA.

    oh ya, emang boleh tah nggak beli asuransi?

    BalasHapus
  4.  boleeh.. karena kan waktu kita bayar udah termasuk asuransi jasa raharja.. sedangkan yang bayar 20.000 itu asuransi tambahan baik untuk penumpang maupun bagasi yang dibawa..

    BalasHapus
  5. Samalah dengan Citilink, tapi ciitlink ga ada membernya..

    BalasHapus
  6.  ya, kurang lebih sama.. hanya saja citilink lebih simpel :)

    BalasHapus
  7. Bagaimana caranya kita bs tau ada harga promosi?
    Apakah hrs booking jauh2 hari, atau sering2 buka web air asia, saya blm ada pengalaman. Ty.

    BalasHapus
  8. mantab bro.. ane jg hunting di airasia klo promo :D

    BalasHapus
  9. kok saya gak bisa daftar jd anggota sih ??
    gimana dong ??

    BalasHapus
  10. anggota air asia maksudku yaa

    BalasHapus
  11. nggak bisanya gimana mbak? mungkin kurang lengkap ngisi data?

    BalasHapus