17 April 2012

[INFO] Transportasi Ke Tanjung Bira

tanjung bira

Tanjung Bira merupakan lokasi yang tepat untuk berlibur pagi Anda pecinta pantai. Pantai Tanjung Bira terkenal dengan pantainya yang indah dan bersih, serta pasir putihnya yang sangat lembut seperti tepung. Selain bisa menikmati Pantai Tanjung Bira dengan pasir putihnya, Anda juga bisa melihat proses pembuatan kapal pinisi yang dibuat secara tradisional di Pantai Tanjung Bira Timur. Kalau masih belum puas dengan hal tersebut, tidak jauh dari Tanjung Bira terdapat pusat pembuatan kapal pinisi di Sulawesi Selatan yaitu berada di Tana Beru. Sayangnya jarak dari Makassar sebagai ibukota provinsi ke Tanjung Bira cukup jauh. Kurang lebih jaraknya sekitar 200 km. Namun jangan khawatir, ada beberapa alternative kok untuk mencapai Tanjung Bira. Yuk kita ulas satu per-satu.

  • Untuk pergi ke Tanjung Bira hal yang pertama Anda lakukan adalah menuju ke Terminal Malengkeri di Makassar. Ya, di terminal inilah angkutan-angkutan ke Tanjung Bira berkumpul. Untuk sampai di Terminal Malengkeri tentu Anda nggak akan mengalami kesulitan karena banyak angkot (pete-pete) dengan rute kesana.
  • Angkutan umum yang umumnya bisa membawa Anda ke Tanjung Bira adalah kijang. Kijang ini kebanyakan hanya bisa mengantarkan Anda dari Terminal Malengkeri ke Bulukumba. Ongkos kijang ke Bulukumba adalah 30.000-35.000. Terkadang ongkosnya memang nggak pasti, Anda harus pandai-pandai menawar. Saya sendiri mendapatkan harga 35.000 untuk sampai di Bulukumba. Sementara itu teman ngobrol saya di Terminal Malengkeri yang juga akan ke Bulukumba dengan kijang lain mendapatkan harga 30.000. Nah saat menunggu sampai kijang berangkat, Anda harus cukup sabar. Paling tidak kijang baru akan berangkat jika sudah ada 3-4 penumpang. Di Terminal Malengkeri ini saya setidaknya menunggu hampir 2 jam. Waktu menunggu ini tentunya sangat tidak pasti. Anda bisa lebih cepat atau bahkan bisa lebih lama. Oh ya, jangan heran juga kalau nanti selama perjalanan ke Bulukumba kijang akan terus mengisi penumpang sampai penuh sesak. Perjalanan dari Malengkeri ke Bulukumba ditempuh dalam waktu 4 jam. Nantinya kijang akan masuk ke Terminal Bulukumba. Di terminal inilah Anda bisa mendapatkan pete-pete ke Tanjung Bira dengan ongkos 10.000. Dari Bulukumba ke Tanjung Bira kurang lebih 1-1.5 jam perjalanan lagi. Sesampainya di Bira, mintalah turun di kawasan wisata Pantai Pasir Putih-Tanjung Bira.
  • Kalau Anda beruntung, di Terminal Malengkeri Anda bisa mendapatkan kijang yang langsung membawa Anda ke Tanjung Bira. Sayangnya kalau masih pagi kijang ini cukup sulit ditemui. Kebanyakan kijang yang langsung ke Bira ini pemiliknya adalah orang-orang Bira. Kijang-kijang itu baru berangkat dari Bira ke Makassar pada pagi atau siang hari yang berarti sampai di Makassar dan akan kembali ke Bira pada siang atau sore hari. Tapi tidak ada salahnya tanya-tanya dulu ke sopir atau calo apakah masih ada kijang yang langsung ke Tanjung Bira. Biasanya kijang tujuan Bulukumba juga mau mengantarkan Anda hingga Bira dengan syarat minimal penumpang yang kesana 3 orang atau lebih. Dengan begini Anda nggak perlu repot turun dan ganti angkutan di Bulukumba. Umumnya ongkos dari Malengkeri langsung ke Tanjung Bira antara 40.000-60.000. Lagi-lagi ini tergantung dari tawar-menawar yang Anda lakukan.
  • Selain kijang masih ada kok alternative transportasi lain yang bisa membawa Anda dari Malengkeri ke Bira. Alternative ini adalah dengan menggunakan bus tujuan Selayar. Dengan naik bus ini Anda akan bisa langsung ke Bira. Hanya saja Anda harus turun di Pelabuhan Tanjung Bira karena bus akan melanjutkan menyeberang ke Pulau Selayar. Dari Pelabuhan Bira ke kawasan wisata Pantai Pasir Putih Anda harus jalan kaki kurang lebih 500 meter. Bukan jarak yang jauh kan? Kalau saya tidak salah info, ongkos bus ini 50.000 saja.
  • Untuk rute pulangnya juga sama saja, tapi saya anjurkan untuk naik kijang yang langsung ke Makassar. Apalagi jika masih pagi atau siang, masih cukup banyak kijang yang ke Makassar dari Bira. Cukup menghemat waktu karena nggak perlu ganti angkutan di Bulukumba. Apalagi ongkosnya juga cuma 35.000-40.000 tergantung nego.

Apapun pilihan Anda, sesuaikan saja dengan situasi dan kondisi perjalanan Anda masing-masing. Happy traveling!

tanjung bira


10 komentar:

  1. om,mau tanya donk,,ini postingan & tripnya pada tahun 2012 kah?bulan apa om?? ada rencana mau ke Tanjung bira tahun depan.mohon infonya ya.. trims

    BalasHapus
  2. Iya mas tahun 2012, tepatnya pertengahan januari 2012 :)

    BalasHapus
  3. Om tanya dong aom :D' klw dari bndara hasanudin ke malengkering yg murah naik ap ya om??? Thx bgt inponye om' :D

    BalasHapus
  4. SALAM KENAL YA' SALAM RANSEL... AQ RENCANA KE TANJUNG BIRA TANGGAL 8
    FEBRUARI 2013, JAM BERAPA MOBIL PALING SORE BERANGKAT DARI MAKASSAR KE
    BULUKUMBA, KASIH TAU DONG AKOMODASI YANG HEMAT, MURAH DAN NYAMAN SELAMA
    SAYA KESANA, SAYA PENASARAN DENGAN KEINDAHAN TANJUNG BIRA. PLZ INFO. THX SEBELUMNYA.

    BalasHapus
  5. Makasih banyak Mas infonya, blognya keren banget.
    Saya ada pertanyaan, kalau kembali ke Makassar dari Tanjung Bira di malam hari setelah sunset, masih ada kendaraan kah? Dan berangkatnya dari mana di Tanjung Bira, apakah disana ada terminal seperti halnya terminal Malengkeri di Makassar?

    BalasHapus
  6. Makassar ke Bulukumba kurang tahu sih ya mas, tapi kemungkinan sekitar jam 3 atau 4 sore..



    Akomodasi bisa ke Nini's Guest House yang juga saya tulis disini..

    BalasHapus
  7. sudah tidak ada mbak, ada baiknya tiba di bira sore hari sebelum sunset dan menginap satu malam.. angkutan disini agak susah ketika sore hari..

    BalasHapus
  8. mas, mau nanya dong. kijang yang menuju bira dari makassar itu tersedia pada jam berapa saja ya? soalnya saya baca di website Bira Divers tersedia mulai pukul 13.00 sementara menurut info teman saya, kijang yang menuju Bira tersedia dari pagi. makasih ya mas infonya :)

    BalasHapus
  9. kalau yang langsung dari makassar ke bira memang kemungkinan baru ada sekitar jam 13.00 lebih.. kalau pagi kebanyakan yang ada tujuan bulukumba.. dari bulukumba harus naik pete-pete lagi sekali..

    BalasHapus
  10. Untuk rent car ,reservasi hotel,charter boat..

    contact 085342633633 email : sulawesirentcar@gmail.com - blog : http://rentalmobilmakassar.blogspot.com/

    BalasHapus