1 April 2012

Keindahan Pantai Tanjung Bira Timur Yang Alami

pantai tanjung bira timur

Selain Pantai Pasir Putih Tanjung Bira yang sudah banyak dikenal orang, rupanya di Tanjung Bira masih ada pantai lain yang tidak kalah cantiknya. Orang biasanya menyebut pantai ini dengan nama Pantai Tanjung Bira Timur. Lokasi pantai berada di Dusun Tanetang, tidak jauh dari Pelabuhan Tanjung Bira, bahkan mungkin bisa dibilang berdampingan dengan pelabuhan. Memang Pantai Tanjung Bira Timur kalah pamor dibandingkan dengan Pantai Pasir Putih Tanjung Bira (Pantai Barat), namun bisa jadi pantai ini malah jauh lebih indah.

Pantai Tanjung Bira Timur memiliki garis pantai yang cukup panjang. Anda bisa saja menelusurinya dengan berjalan kaki dari ujung ke ujung. Pantai Tanjung Bira Timur ini jauh lebih sepi dan alami dibandingkan dengan Pantai Pasir Putih yang saya kunjungi sebelumnya. Perahu-perahu nelayan cukup banyak yang berjejer di tepi pantai di atas pasir putih yang begitu bersih. Air laut yang begitu jernih dan pohon kelapa yang begitu rimbun menghiasi tepian pantai membuat kesan alami begitu terasa di pantai ini.

pantai tanjung bira timur

pantai tanjung bira timur

pantai tanjung bira timur

Memang sepertinya Pantai Tanjung Bira Timur ini tidak benar-benar dikelola sebagai tempat wisata. Terlihat pantai begitu sunyi tanpa ada pengunjung lain yang berwisata selain saya. Tidak jauh dari tepi pantai merupakan rumah-rumah penduduk Dusun Tanetang yang kebanyakan sangat sederhana. Bahkan tidak sedikit pula rumah penduduk yang hanya terbuat dari tenda yang terbuat dari terpal. Rata-rata mata pencaharian penduduk di sini adalah sebagai nelayan yang setiap harinya melaut mencari ikan. Saat saya melintasi perkampungan penduduk ini beberapa pasang mata menatap dengan aneh. Mungkin karena memang jarang ada turis yang datang kesini kali ya? Namun saat terjadi kontak mata mereka dengan ramah memberikan senyuman. Keramahan itu semakin terasa saat ada seorang nelayan yang mengajak saya melaut. Sungguh sebuah kesempatan yang sangat jarang didapatkan. Sayang saya harus menolaknya mengingat hari itu juga saya sudah harus kembali ke Makassar. Andai saja saya punya waktu lebih pasti saya akan ikut melaut bersama nelayan itu.

Kegiatan saya di Pantai Bira Timur ini lebih banyak saya habiskan dengan jalan-jalan menelusuri pantai dari ujung hingga ujung. Pasir putih yang sangat lembut dan bersih menemani langkah kaki saya. Menikmati indahnya pantai yang sangat luar biasa. Satu hal yang perlu diwaspadai saat jalan-jalan di tepi pantai ini adalah banyaknya anjing yang berkeliaran. Tidak sedikit dari anjing-anjing itu merupakan anjing-anjing liar. Anda harus berhati-hati agar jangan sampai diserang oleh anjing-anjing ini.

pantai tanjung bira timur

pantai tanjung bira timur

pantai tanjung bira timur

Antara Pantai Barat (Pantai Pasir Putih) dan Pantai Timur Tanjung Bira ini sebenarnya saling melengkapi. Anda bisa melihat sunset di Pantai Barat dan bisa melihat sunrise di Pantai Timur. Bagi Anda yang ke Tanjung Bira, ada baiknya mampir dulu ke Pantai Bira Timur sebelum kembali ke Makassar. Saya jamin pantai ini jauh lebih indah daripada Pantai Pasir Putih Tanjung Bira yang sudah banyak dikenal dimana-mana itu. Lagipula untuk masuk ke pantai ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias free. Sebelum meninggalkan Tanjung Bira, masih ada satu hal menarik lagi yang ingin saya tunjukkan kepada Anda. Ditunggu ya! :p


9 komentar:

  1. Gimana ya transportasi antara pantai yang barat dengan yang timur? Btw, anjingnya ngejer gara2 gak dikasih makan kali.. :P

    BalasHapus
  2. angkutan? rasanya sih nggak ada.. jalan kaki sekitar 500 meter aja, 10 menit :p

    BalasHapus
  3. tapi anjingnya ga ngejer kan oom ? btw oom ikutan lomba blog yook.. siapa tau tertarik.. nih infonya

    Mila, ikutan kompetisi blog yook.. Nih infonya...kompetisi blog 'Pesona Sumatera Selatan'. Ada Galaxy tab, BB juga hp android lho hadiahnya....Info : http://wongkito.net/01-04-2012/kompetisi-blog-pesona-sumatera-selatan.htm

    BalasHapus
  4. Postingannya membuat teringat dengan kampulang halaman...,
    terima kasih....
    http://www.psychologymania.com/

    BalasHapus
  5. mantap gan, tempatnya indah. salam kenal ya, jangan lupa berkunjung dan berkomentar di blog ane http://www.info-yazid.com/2012/04/puisi-matemacinta-ala-putih-abu-abu.html

    BalasHapus
  6.  nggak sih om.. kadang cuma ngegonggong aja.. tapi ngeri juga sih kalo dikejar..

    thanks infonya.. nanti coba meluncur deh

    BalasHapus
  7.  terima kasih atas kunjungannya :)

    BalasHapus
  8.  salam kenal juga, terima kasih :)

    BalasHapus
  9. Meutia Halida Khairani12 April, 2012 11:52

    gile ya, subhanallah. pasirnya bener bener bener putih...

    BalasHapus