30 Mei 2012

Air Terjun Bantimurung Yang Mempesona

air terjun bantimurung

Bantimurung memang terkenal dengan habitat kupu-kupu terbesar di Sulawesi. Namun jangan salah, selain kupu-kupu ada objek lain yang tidak kalah menarik. Bahkan bagi sebagian besar orang mungkin malah menjadi hal yang paling menarik di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Objek tersebut apalagi kalau bukan Air Terjun Bantimurung.

Air Terjun Bantimurung terletak di dalam area taman nasional. Uniknya, Air Terjun Bantimurung bukanlah air terjun yang jatuh dari tempat yang tinggi. Ketinggian air terjun ini hanya beberapa meter saja yang berasal dari aliran sungai yang sebenarnya cukup tenang. Saat musim kemarau debit air yang mengalir cukup kecil. Tapi saya datang saat musim hujan dimana debit airnya cukup deras. Disini terdapat penyewaan ban yang bisa digunakan untuk berseluncur di air terjun. Cukup menyenangkan bukan?

air terjun bantimurung

air terjun bantimurung

air terjun bantimurung

Selain air terjunnya yang indah, suasana di sekitarnya juga cukup sejuk. Mungkin karena hal ini pula Bantimurung menjadi tempat favorit untuk berwisata bagi orang-orang Makassar. Kalau Anda datang di akhir pekan atau hari libur bisa dipastikan tempat ini akan sangat crowded. Ada baiknya jika Anda datang saat bukan hari libur karena suasana akan lebih tenang dan damai.

Oh ya, umumnya pengunjung yang datang ke Bantimurung adalah rombongan keluarga. Tempat ini memang cukup cocok untuk liburan keluarga dengan segala fasilitas yang ada. Di akhir pekan akan banyak rombongan keluarga yang datang. Jangan sampai Anda terjebak datang bersamaan dengan mereka sehingga membuat liburan Anda ke Bantimurung menjadi tidak nyaman karena terlalu ramai. Selain itu saat ke Bantimurung ada baiknya menjaga barang-barang Anda. Kacamata saya hilang karena terjatuh saat cuci muka di air terjun ini. Ini memang kecerobohan saya, dan jangan sampai terjadi pada Anda. Alhasil sisa hari di Sulawesi Selatan saya lalui dengan mata buram. -_-

Berikut ini saya sertakan video yang saya ambil ketika di Air Terjun Bantimurung:



9 komentar:

  1. Ria Nurhayati30 Mei, 2012 00:58

    wuah sayang pas saya main ke makassar ngga sempat ke bantimurung, padahal pengin liat kupu-kupu yang berwarna warni plus air terjunnya itu :(

    BalasHapus
  2. sayang banget mbak ria, padahal cuma sejam dari makassar :D

    BalasHapus
  3. kok keruh bgt airnya mas? sepi... kl sy kesana selalu sepi

    BalasHapus
  4. mungkin karena efek musim hujan kak, airnya berwarna agak putih-hijau.. :D

    BalasHapus
  5. Bantimurng memang keren, banyak turis mancanegara juga yg suka ke sana.

    BalasHapus
  6. yup benar, cukup nyaman sih terutama buat wisata keluarga kali ya

    BalasHapus
  7. mantapz...........jaya terus pariwisata Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  8. kalau pakai motor, dari kota makassar ke bantimurung, butuh waktu berapa lama, mas? trus rute angkutan umumnya ke sana, mas bisa kasih infonya sekalian gak ya?

    BalasHapus
  9. kurang lebih 1-1,5 jam juga udah sampai mbak..

    untuk angkutan umum sudah saya tulis juga disini http://www.wijanarko.net/2012/04/perjalanan-menuju-taman-nasional.html

    BalasHapus