28 Mei 2012

Kerajaan Kupu-Kupu Di TN. Bantimurung

taman nasional bantimurung

Hal yang paling terkenal di Taman Nasional Bantimurung adalah kupu-kupu. Konon jumlah kupu-kupu di Bantimurung adalah yang terbesar di Sulawesi. Nggak heran juga sih karena di taman nasional ini terdapat lebih dari 250 spesies kupu-kupu.

Meskipun Bantimurung terkenal dengan surganya kupu-kupu, namun sepertinya saya datang di saat yang kurang tepat. Saya hanya melihat sedikit kupu-kupu saja yang berterbangan di kawasan taman nasional. Menurut info, saat musim hujan bukanlah waktu yang tepat untuk melihat kupu-kupu karena saat seperti itu kupu-kupu sedang tidak bertelur. Kalau mau melihat banyak kupu-kupu datanglah pada musim kemarau.

Sebagai taman nasional yang menjadi habitat kupu-kupu, di Taman Nasional Bantimurung juga terdapat penangkaran kupu-kupu. Sayangnya sebagai pengunjung kita tidak bisa masuk ke sana. Sebagai gantinya terdapat Museum Kupu-Kupu yang memiliki banyak koleksi kupu-kupu yang telah diawetkan. Untuk masuk ke Museum Kupu-Kupu pengunjung harus membayar tiket sebesar 5.000 selain dari tiket masuk kawasan taman nasional yang dibayarkan di gerbang masuk.

taman nasional bantimurung

taman nasional bantimurung

Di Museum Kupu-Kupu tidak hanya terdapat kupu-kupu asal Bantimurung atau Maros saja. Di sana banyak pula kupu-kupu yang berasal dari Jawa, Sumatera, Maluku, Flores, maupun Papua. Kupu-kupu yang telah diawetkan ini tertata rapi dalam bingkai kaca lengkap dengan keterangan jenis dan asal kupu-kupu. Dengan ruangan yang tidak terlalu luas, dalam waktu beberapa menit saja saya sudah selesai melihat-lihat semua koleksi kupu-kupu. Setidaknya rasa penasaran saya akan kupu-kupu di Bantimurung terobati dengan adanya museum ini.

Sampai saat ini ada satu pertanyaan yang terlintas di kepala saya. Apakah benar kupu-kupu di Bantimurung sudah mulai langka dan akan segera punah? Hal ini masuk ke pikiran saya karena melihat banyaknya pedagang souvenir di kawasan taman nasional yang menjual cenderamata berupa hiasan yang terbuat dari kupu-kupu yang telah diawetkan. Jika semakin banyak kupu-kupu diawetkan, tentu tidak lama lagi kita akan kesulitan melihat kupu-kupu cantik beterbangan di habitat aslinya. Sangat disayangkan sekali!

taman nasional bantimurung


1 komentar:

  1. kalau begitu mungkin memang susah menemukan kupu-kupu sepanjang musim ya mas? ahaha..

    sepertinya memang begitu, habitat kupu-kupu rusak plus penangkapan kupu-kupu untuk diawetkan dan menjadi souvenir.. -_-

    BalasHapus