4 Mei 2012

Ragam Wisata Di Taman Nasional Bantimurung

taman nasional bantimurung

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung atau yang biasa disingkat dengan TN Babul merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit warga Makassar. Kenapa? Satu yang pasti, lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Makassar, hanya berjarak 40 km yang bisa ditempuh dalam waktu satu jam dengan kendaraan pribadi atau dua jam dengan kendaraan umum. Taman nasional yang terletak di Kabupaten Maros ini memiliki cukup banyak keunikan. Salah satunya adalah lokasinya yang terletak di kawasan Karst Maros yang merupakan karst terbesar dan terindah kedua di dunia setelah karst di China.

Sebenarnya ada apa sih di Bantimurung sampai saya rela sampai kesana? Ada banyak hal-hal menarik yang bisa dinikmati di areal kawasan wisata Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Perlu diingat, Bantimurung merupakan tempat habitat kupu-kupu terbesar di Sulawesi. Kalau beruntung dan datang pada musim kemarau, Anda bisa menyaksikan banyak kupu-kupu berterbangan di sini. Sayangnya saya datang pada musim penghujan. Bisa dipastikan hanya sedikit saja kupu-kupu yang bisa dilihat. Selain melihat kupu-kupu, di area taman nasional terdapat beberapa objek yang menarik. Sebut saja Air Terjun Bantimurung yang menjadi idola, Museum Kupu-Kupu, dan beberapa goa yang terletak tidak di dalam kawasan wisata. Tidak ketinggalan pula terdapat taman bermain anak dan camping ground.

taman nasional bantimurung

taman nasional bantimurung

taman nasional bantimurung

taman nasional bantimurung

Di luar kawasan wisata Taman Nasional Bantimurung juga masih ada objek yang menarik yaitu Goa Leang-Leang. Kalau Anda punya waktu lebih dan tidak terkendala cuaca, ada baiknya mampir di goa ini. Bahkan kalau sempat, sekalian saja ke kawasan Karst Maros. Tapi kalau waktu Anda tidak banyak atau mungkin terkendala cuaca, Taman Nasional Bantimurung sudah cukup mewakili wisata Anda di Maros kok.

Tiket masuk wisata Taman Nasional Bantimurung nggak mahal kok. Kalau saya nggak salah inget cuma 10.000 perorang. Yuk kita jelajahi objek di dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung satu persatu.. :)


5 komentar:

  1. Konon yah Mas...kupu-kupu tercantik di Indonesia itu ada di Maluku, tepatnya di Pulau Obi, Bacan, dan Seram. Hufff...kapan yah bisa sampai kesana...hihihihi....

    BalasHapus
  2. Meutia Halida Khairani08 Mei, 2012 12:37

    indah, adem, hijau, asri.. hufftt... pengen kesana

    BalasHapus
  3. Maluku? Jauhhh dan mahaaal.. terutama hal yang kedua saya sebut sih.. hihihi..

    BalasHapus
  4. nggak jauh dari makassar lho mut. kapan2 kesana kalo ke makassar lagi

    BalasHapus
  5. mau tanya kak ,Kalau dari marros ke tanjung bira kira2 menempuh perjalanan brp jam ??Rencana 12-15Mar ke makasar ,tpt2 yang mau di kunjungi toraja , marros , tanjung bira , tarns studio , losari

    Ngatur Route enanknya gmn ya ??
    thx

    BalasHapus