16 Juni 2012

Makan Rawon Nguling Di Tempat Asalnya

rawong nguling probolinggo

Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur yang cukup populer. Jika kalian berada di Jawa Timur, mulai dari ujung barat di Ngawi hingga ujung timur di Banyuwangi nggak sulit menemukan makanan yang satu ini. Namun ada satu yang cukup terkenal yaitu Rawon Nguling yang terletak di Kecamatan Nguling, Probolinggo. Sebenarnya Rawon Nguling sudah banyak buka cabang di kota-kota lain, misalnya Malang atau Surabaya. Tapi nggak ada salahnya juga kan kalau mencoba Rawong Nguling di kota asalnya. Apalagi dalam perjalanan kami ke Bromo melewati rumah makan ini yang terletak di jalur utama arah ke Banyuwangi.

Rumah Makan Rawon Nguling yang berada di Probolinggo ini cukup besar. Ruangannya juga cukup luas. Jauh berbeda dengan cabangnya yang berada di Surabaya. Yah wajar kali ya, namanya juga di pusatnya. Begitu masuk ke ruangan akan tersedia cukup banyak menu yang rata-rata masakan khas Jawa Timur. Ada soto, gule, sop, bahkan lodeh juga ada. Lumayan bisa jadi alternatif bagi yang nggak suka rawon. Karena di sini spesialnya rawon, jadi kami memasan rawon dong..

Tidak perlu menunggu lama, seporsi rawon sudah tersedia di depan saya. Di meja juga sudah disediakan lauk-pauk yang cukup lengkap. Ada tempe goreng dengan irisan yang besar-besar, perkedel kentang, empal, usus, otak, paru, dan limpa. Brrrhh... Hampir semua lauknya full kolesterol. Mengerikan.. Ahaha.. Surga banget nih buat yang suka jeroan. Sebagai teman makan rawon saya memilih tempe goreng dan perkedel saja. Selain lebih sehat, juga lebih hemat. :p

rawong nguling probolinggo

Dari segi rasa, nggak ada perbedaan antara Rawon Nguling di tempat asalnya ini dengan Rawon Nguling di Surabaya. Rasanya enak, dagingnya empuk, kuahnya seger. Apalagi dimakan bareng tempe goreng dan perkedel. Mantaap! Mungkin rawon ini salah satu makanan khas Jawa Timur yang paling nyambung dilidah saya selain pecel. Dari segi porsi kayaknya banyakan di sini deh daripada di cabang. Atau mungkin hanya perasaan saya aja ya? :-S

Last.. Saya nggak tau harga per porsinya berapa. Yang pasti untuk 2 porsi nasi rawon, 1 es teh, 1 teh botol, 2 tape ketan, tempe dan perkedel totalnya habis 46.000. Rasanya sih harganya nggak beda dengan yang di cabang. Monggo cicipi Rawon Nguling kalau kalian lewat Probolinggo. Selain rawonnya yang enak, tempatnya juga bersih dan luas. Nyaman untuk istirahat sejenak saat perjalanan jauh. ;)


0 komentar:

Posting Komentar