13 Juni 2012

Mencicipi Sop Saudara Warung Pangkep

sop saudara warung pangkep

Salah satu makanan yang sayang dilewatkan untuk dicicipi ketika di Makassar adalah Sop Saudara. Sebenarnya makanan ini aslinya berasal dari Pangkep alias Pangkejene Kepulauan. Meskipun begitu, nggak perlu jauh-jauh ke Pangkep lah. Di Makassar juga banyak kok yang jual Sop Saudara.

Salah satu tempat yang bisa didatangi untuk menikmati Sop Saudara adalah di Jalan Sulawesi, Makassar. Di sana ada cukup banyak warung-warung yang berderet menjual Sop Saudara. Silahkan masuk ke warung mana saja yang menurut Anda nyaman. Mungkin masakan warung yang satu dengan warung yang lainnya nggak akan jauh berbeda.

Pada dasarnya Sop Saudara mirip dengan Sop Konro maupun Coto Makassar dengan bahan dasar olahan berupa daging sapi atau kerbau. Dalam penyajiannnya Sop Saudara ini diberi tambahan mie bihun dan sejenis kerupuk berbentuk bulat sebagai pelengkap. Kemudian disajikan dengan nasi putih, bukan ketupat seperti halnya Coto.

sop saudara warung pangkep

sop saudara warung pangkep

Masalah rasa, Sop Saudara bersaing ketat dengan Sop Konro di lidah saya. Rasanya enak! Saya lebih suka Sop Saudara dibanding Coto. Mungkin karena rasanya yang lebih gurih, sedangkan kalau Coto rasanya flat dan cenderung hambar. Apalagi makan Sop Saudara bisa dinikmati bersama telur bebek rebus. TOP deh!! Kalau boleh jujur, masakan Sulawesi lebih cocok di lidah saya daripada masakan Jawa. :D

Untuk harga masih sangat terjangkau laah.. Seporsi Sop Saudara ditambah dengan nasi putih dan dua butir telur bebek rebus hanya dihargai 19.000 saja. Buat minumnya nggak usah beli karena udah dapet gratisan air putih segelas. :p


4 komentar:

  1. nurhasty natalina sari13 Juni, 2012 19:06

    Paling enak makan sop sodara sama ikan bandeng bakar segar, beuuuhh...gak cukup satu piring nasinya, hehe...

    BalasHapus
  2. Kebetulan aku makan kepagian mbak, bandengnya belum ada. Itu aja sop saudara baru mateng.. hehe

    BalasHapus
  3. coy , rata2 makanan di sulsel itu hambar (kurang garem / atau malah ga bergaram), jadi kalo mau makan coto biar g flat, yaaa tambahin aja garem halusnya yg udah tersedia di meja

    blm ngerasain sop kaledo di sulteng khan ? sama juga,pernah liat cara masaknya,ga pake garam sama sekali :D

    BalasHapus
  4. Heeeeng.. Aku malah baru tau kang. Ternyata coto itu memang hambar dan perlu diberi garam sendiri.. tapi herannya kalo konro gurihnya pas, nggak hambar kayak coto..

    BalasHapus