19 Juni 2012

Sewa Jeep Saja Untuk Ke Penanjakan-Bromo

sewa jeep bromo

Salah satu tempat yang menjadi menu utama bahkan menjadi tempat wajib yang dikunjungi wisatawan saat ke Bromo adalah melihat sunrise dari Penanjakan. Penanjakan pun ada dua yaitu Penanjakan 1 dan Penanjakan 2. Umumnya orang akan pergi ke Penanjakan 1 karena pemandangannya memang jauh lebih bagus.

Lalu bagaimana cara untuk ke Penanjakan 1? Kalau kalian sudah berada di Cemoro Lawang, alternatif yang paling mudah adalah dengan menyewa Jeep. Kalau seandainya bawa motor, bisa saja digunakan untuk ke Penanjakan, tapi sangat tidak saya rekomendasikan. Kecuali kalau kalian punya motor special-purpose buat garuk tanah seperti KLX 150, KLX 250, atau Honda CRF 250 bolehlah dipakai.

Kenapa nggak saya rekomendasikan bawa motor? Untuk ke Penanjakan dari Cemoro Lawang (Ngadisari-Sukapura) harus melewati lautan pasir. Pasti akan sangat kesulitan mengendarai motor pada dini hari yang masih sangat gelap tanpa ada lampu penerangan dengan lintasan pasir. Terlebih lagi akan banyak debu berhamburan karena nggak sedikit Jeep yang lewat. Kalau mau nekat ya monggo, tapi harus selalu siap dengan segala resiko misal jatuh, motor rusak, motor nggak kuat, maupun ambles di lautan pasir. Kalau matahari sudah terbit mungkin masih mendingan, tapi kalau masih gelap mendingan jangan deh!!

Nggak cuma itu aja, setelah melewati lautan pasir jalanan akan sangat menanjak dan cukup jelek. Jalan nggak rata dan kebanyakan sudah rusak. Mungkin efek meletusnya Gunung Bromo beberapa waktu lalu. Bahkan sebelumnya jalan ini pernah putus sehingga nggak ada akses dari Cemoro Lawang ke Penanjakan 1. Sekarang akses jalan sudah dibuka kembali tapi masih rusak parah. Asli serem abis jalannya.

Memang sih banyak juga orang yang nekat bawa motor menembus lautan pasir maupun melibas tanjakan gila ke Penanjakan, tapi saya nggak mau ngambil resiko. Dengan motor yang tinggi-besar pasti akan sangat kerepotan mengendalikannya. Lebih baik saya sewa Jeep demi keamanan dan kenyamanan bersama *halah*. Angkat topi plus dua jempol deh buat yang udah bisa melewati lautan pasir dan tanjakan-tanjakan jahanam ini pakai motor.

Harga sewa Jeep di Cemoro Lawang berdasarkan informasi di pusat informasi Bromo adalah 350.000. Satu Jeep bisa diisi maksimal 6 orang. Bagus banget kalau kalian ke Bromo rombongan, jadi bisa patungan untuk sewa Jeepnya. Otomatis harga sewa per orang jadi terasa murah. Kalau ke Bromo sendiri atau berdua seperti saya bisa cari traveler lain yang bisa diajak sharing sewa Jeep. Banyak traveler lain yang senasib dengan kalian terutama di akhir pekan. Saya dan partner in crime waktu itu sewa Jeep sharing dengan empat orang turis asing yang kebetulan satu penginapan. Dua cewek asal Jerman, satu cowok asal Australia, dan satu cowok lagi asal Skotlandia. Kebetulan memang hari itu yang menginap di Yoschi's Hotel tempat saya menginap 80 persen adalah turis asing.

Sayangnya harga sewa 350.000 itu hanya untuk ke Penanjakan 1 dan Gunung Bromo saja. Kalau mau ke tempat lain seperti Pasir Berbisik, padang savana, dan lain-lain tentu harus nambah lagi tergantung nego dengan sopir Jeep. Ada baiknya kalau sewa Jeep langsung ke pusat informasi. Kalau sewa lewat hotel tentu sudah di-markup dengan harga yang cukup mahal, bisa 500.000-600.000 untuk satu Jeep.

Nah kalau kalian pengen tetep nekat naik motor ke Penanjakan, saya sarankan untuk tidak lewat Cemoro Lawang (Probolinggo) melainkan lewat jalur Pasuruan-Tosari-Wonokitri-Penanjakan. Di jalur ini nggak perlu lewat lautan pasir untuk ke Penanjakan. Apalagi jalannya juga relatif bagus dibandingkan harus ke Penanjakan lewat Cemoro Lawang. Tapi kalau setelah dari Penanjakan mau ke Gunung Bromo ya tetep lewat jalur jahanam dan lautan pasir sih. Tapi masih mendingan karena sudah agak siang. Monggo tentukan pilihan kalian untuk liburan di Bromo. :D


19 komentar:

  1. nurhasty natalina sari20 Juni, 2012 06:48

    Lumayan jg harga sewanya ya Mas, apalagi ternyata msh hrs nambah kalo ke tempat2 lain.

    BalasHapus
  2. Iya mbak, pengeluaran terbesar liburan di Bromo ini ya cuma untuk sewa Jeep sebenarnya.. Ini kalau sewa sendiri sih alias nggak sharing.. :D

    BalasHapus
  3. Meutia Halida Khairani20 Juni, 2012 10:42

    wah, saya baru mampir lagi neh tyo.. kebetulan bulan 11 mau ke bromo tp ikutan tour.. terima beres aja dgn jeep dan penginapannya :D

    BalasHapus
  4. makasih infone yo, jd pengen liburan ki he..he.. blm pernah ke bromo soale.

    BalasHapus
  5. Kalo ke Surabaya mampir ya mut. Nanti ketemuan kita :p

    BalasHapus
  6. Ayo Mbak Nita jalan-jalaaan.. :D

    BalasHapus
  7. mochammad fauzi28 Juli, 2012 05:58

    bro opo harus nyewo jeep? opo o gak isok nmpak spda motor ta?

    BalasHapus
  8. Mas bisa tanya nomor kontak penyewaan jeep ndak? saya dab keluarga ada rencana kesana

    BalasHapus
  9. Bisaaa.. tapi ribet apalagi kalo sepeda motornya gede.. ditambah ke penanjakan masih gelap

    BalasHapus
  10. bisa kah saya minta rekomendasi no tlp atau no hp kemana saya harus sewa jeep tuk pendakian dan hotel yang murah sb rencananya saya mau bawa rombongan ke bromo desember nanti 

    hub saya via sms byr nanti saya yg tlp balik di 081585021246, 087880034988, 081288557122

    trim's
    Antri Group

    BalasHapus
  11. maaf pak, saya kurang tau untuk penginapan rombongan. kalau jeep ada poskonya disana, harganya juga sudah tertempel di posko

    BalasHapus
  12. Mas dari yoschi ke pangkalan jeep naik apa mas

    BalasHapus
  13. makasih infonya mas, bermanfaat skali. Kalo bawa anak umur 6,4, dan bayi 1 tahun naik jeep ke penanjakan aman gak mas?

    BalasHapus
  14. kalo naik jeepnya sih so far aman-aman aja mbak ifa. cuma buat anak-anak sebaiknya pakai baju tebal. buat orang tua saja kedinginan lho

    BalasHapus
  15. Mas Tri kalau tau no hp carteran pick up L300 utk penanjakan & Bromo brp ya? 2 thn yg lalu pernah saya pakai,tp no hp orgnya sdh ganti.tlg infonya saya tggu,trm kasih

    BalasHapus