8 Agustus 2012

Pura Uluwatu, Pura Cantik Di Ujung Selatan Bali

pura uluwatu

Hari pertama di Bali yang kami lakukan setelah mendapatkan penginapan dan sewa motor adalah makan siang. Setelah itu kami pergi ke ujung selatan Pulau Bali. Tujuannya adalah ke Pura Uluwatu. Sebelumnya saya memang pernah kesini. Tapi karena kali ini semi menjadi guide jadi tak apalah balik lagi kesini toh Uluwatu tetap saja menyajikan keindahan tersendiri.

Tidak banyak yang berubah di Uluwatu sejak kunjungan saya beberapa tahun sebelumnya kecuali harga tiket masuk yang sudah naik. Bagi para pengunjung tetap diwajibkan menggunakan kain bali aneka warna yang sudah disiapkan. Bagi yang sudah menggunakan pakaian menutupi lutut cukup mengambil kain yang diikatkan di pinggang. Sementara bagi yang pengunjung yang hanya menggunakan pakaian mini bisa mengambil kain panjang untuk menutupi tubuhnya. Harap maklum ya, ini adalah tempat ibadah. Bagaimanapun kita harus menghormati tempat ibadah dengan menggunakan pakaian yang lebih tertutup.

Uluwatu berasal dari kata ulu yang berarti ujung dan watu yang berarti batu. Sehingga maksud dari Pura Uluwatu adalah pura yang terletak di ujung batu karang. Memang lokasi pura berada di atas tebing yang cukup tinggi. Dari atas sini pengunjung bisa melihat langsung hamparan luas Samudera Hindia. Sementara di bagian puncak tebing, Pura Uluwatu terlihat cukup mungil namun cantik.

pura uluwatu

Hal yang perlu diperhatikan saat berada di Uluwatu adalah banyak sekali monyet-monyet yang berkeliaran. Kalian harus ekstra hati-hati karena monyet-monyet disini sangat nakal. Mereka bisa saja merebut barang-barang seperti topi, kacamata, kamera, ataupun tas kalian. Apalagi kalau monyet-monyet ini tahu kalian bawa makanan, pasti akan lebih ganas lagi. Sesekali terdengar teriakan histeris dari pengunjung karena barangnya direbut monyet. Lucunya mereka teriak antara takut dan menghindar namun juga pengen ngejar monyet itu karena nggak rela barang diambil. Haha.. Nggak mau kan hal seperti ini terjadi sama kalian? So, hati-hati! Jaga baik-baik barang bawaan.

Selain keindahan pura dan pemandangan lautnya, di Pura Uluwatu kalian juga bisa menyaksikan Tari Kecak yang dimainkan setiap harinya pada sore hari. Konon harga tiketnya 80.000 per orang untuk bisa menyaksikan Tari Kecak disini. Kami memang berniat menonton Tari Kecak, tapi nggak di Uluwatu. Kami memilih di tempat lain yang tentu saja harga tiketnya jauh lebih murah. Penasaran? Tunggu di artikel berikutnya.. :))


3 komentar:

  1. ini tujuanku kalo ke Bali November nanti, mudah-mudahan ngga hujan.. derita pencari tiket murah.. hahahaha

    BalasHapus
  2. kayak alas kedaton aja nih puranya..hehe
    kaget pas pertama kali kesana

    BalasHapus
  3. hahaha.. deritanya liburan mengikuti kapan promonya.. november belum musim hujan laah

    BalasHapus