13 September 2012

Keramaian Pura Tirta Empul Saat Galungan

pura tirta empul

Bali saat Hari Raya Galungan dan Kuningan memang cukup ramai. Umat Hindu terlihat berbondong-bondong ke pura untuk beribadah. Tidak sedikit di antaranya ke pura yang jaraknya cukup jauh dari rumahnya. Kami saat itu cukup sering bertemu dengan rombongan yang baru berangkat ataupun pulang dari pura dengan menggunakan sepeda motor, mobil bak terbuka, truk, maupun bus.

Salah satu pura yang menjadi tujuan mereka adalah Pura Tirta Empul yang berada di Tampak Siring. Saya memang bukan pertama kalinya kesini. Namun karena partner in crime belum pernah kesini jadi tidak ada salahnya mampir lagi. Malah datang ke Pura Tirta Empul saat hari raya seperti ini menjadi sebuah keberuntungan. Pasalnya kami tidak dikenakan tiket masuk. Mungkin kami dikira warga yang akan beribadah di pura. Padahal kalau dilihat dari pakaian yang kami kenakan saja sudah sangat berbeda.

pura tirta empul

Seperti biasanya, untuk masuk ke pura para pengunjung yang mengenakan pakaian minim diharuskan memakai kain yang sudah disediakn. Bagi yang sudah menggunakan pakaian tertutup cukup menggunakan kain sejenis selendang yang dililitkan di badan.

Pura Tirta Empul memang terlihat sangat ramai siang itu. Baik warga lokal maupun para turis berbaur menjadi satu. Tidak sedikit turis asing yang mengikuti ritual ibadah umat Hindu disini.

pura tirta empul

pura tirta empul

Hal paling menarik di Pura Tirta Empul tentu saja adalah kolam pemandiannya. Di kolam tersebut terdapat beberapa air mancur yang konon untuk mensucikan diri. Tidak seperti kunjungan saya sebelumnya yang cenderung sepi, kali ini kolam pemandian penuh dengan manusia. Pria, wanita, tua, muda, dan anak-anak semua jadi satu. Mereka mengantri cukup panjang seperti antrian di "Bank Capek Antri" untuk bisa mandi di beberapa air mancur yang ada secara bergantian. Disini turis asing pun tidak mau kalah. Mereka juga ikut mandi di kolam ini. Umumnya para umat Hindu berdoa terlebih dahulu sebelum mandi di air mancur.

Memang cukup menyenangkan saat ada event seperti ini. Melihat ritual ibadah umat Hindu di Pura Tirta Empul memberikan kesan tersendiri bagi saya. Selain berwisata, kita juga bisa melihat keunikan dan keragaman budaya di Indonesia. Luar biasa! Indahnya Indonesia..


4 komentar:

  1. nice info...thanx for share...:)

    BalasHapus
  2. Info yang menarik nih.. btw domainnya daftarnya di godaddy bukan?..

    BalasHapus