10 September 2012

Mengejar Sunrise Di Pantai Sanur

sunrise pantai sanur

Sudah pada kenal dengan Pantai Sanur kan? Walaupun teman-teman ada yang belum pernah kesana tapi setidaknya sudah pernah denger namanya. Ya, pantai ini merupakan salah satu pantai paling terkenal di Bali selain Pantai Kuta. Malah menurut sejarahnya, Pantai Kuta sudah dikembangkan lebih dulu menjadi objek wisata dengan membangun berbagai macam fasilitas akomodasi sebelum Pantai Kuta. Berbagai macam hotel berbintang, cafe, dan resto ada di Sanur.

Kalau di Kuta terkenal dengan pantai sunset, berbeda dengan Sanur yang pantainya menghadap ke timur. Pantai Sanur terkenal dengan keindahan matahari terbit (sunrise) saat pagi hari. Ada baiknya kalau mau melihat sunrise, bangun pagi-pagi sekitar jam 5 dan langsung menuju Sanur. Umumnya matahari mulai terbit sekitar jam 05.30. Saya hampir saja telat tiba di Sanur karena lupa jalan kesana. Padahal saya sudah bangun pagi dan bergegas ke Sanur dari penginapan saya di Kuta. -_-

Sama seperti berkunjung di pantai-pantai lain di Bali, untuk masuk ke Sanur tidak dipungut biaya masuk. Pengunjung hanya diminta membayar uang parkir sebesar 2.000 saja untuk sepeda motor di pintu masuk. Heran juga yah, masih gelap begitu sudah ada saja yang narik uang parkir. Haha..

sunrise pantai sanur

sunrise pantai sanur

Beruntung saat tiba di Sanur langit masih gelap. Sudah banyak orang berada di tepi pantai menunggu sunrise muncul. Beberapa orang lagi malah sudah ada yang berenang di pantai. Air laut memang surut jadi ada juga yang berjalan cukup jauh dari tepi pantai bahkan tubuh mereka hanya terlihat titik kecil. Beberapa warga lokal duduk-duduk di bebatuan pantai sambil memancing. Sementara itu di sisi lain terlihat sekelompok bule yang berjumlah empat orang sedang tidur di bangunan sejenis pendopo berukuran kecil yang ada di tepi pantai. Sepertinya semalaman mereka ini tidur di sini.

Agak lama menunggu, badan sudah diterpa angin pantai yang lumayan dingin, namun sunrise tak kunjung muncul ke permukaan. Langit masih saja gelap. Rupanya mendung menutupi matahari yang akan terbit. Siaaal... Begitu nongol, matahari sudah agak tinggi. Gagal deh dapet sunrise yang muncul dari permukaan laut. Heuheu..

sunrise pantai sanur

Setelah matahari terbit tidak banyak yang bisa dilakukan di Sanur kecuali melihat aktifitas dan kesibukan penduduk setempat. Banyak boat dan perahu-perahu mulai bersandar di Sanur. Mereka sepertinya baru pulang dari beribadah di pura. Ntah jam berapa mereka berangkat. Saya juga tidak tahu pura mana yang didatangi. Yang terlihat mereka mengenakan pakaian khas mereka dengan sangat rapi seperti yang biasa saya lihat saat mereka ke pura. Selain itu ada juga yang baru saja pulang dari Pulau Nusa Lembongan. Sepertinya sih para pedagang karena barang-barang yang dibawa kebanyakan adalah botol-botol teh botol yang sudah kosong.

Pagi hari di Pantai Sanur memang tidak terlalu ramai. Kalau minat mandi laut pagi hari juga airnya sangat tenang kok. Sayang saat sedang santai malah turun hujan cukup deras. Setelah menunggu hujan reda, saya kembali ke penginapan untuk mandi dan sarapan sebelum melanjutkan keliling Bali di siang harinya.


2 komentar:

  1. Belum pernah ke Sanuuurrr.. Hehe..
    Dan saya bukan penggemar sunrise, jadi yaaa gitu deh. Biasa aja. :D

    Orang ini kapan ke Bali nya cobak?? -_-"
    Oia mas, punya rekomendasi penginapan yg murah (pake banget) tapi lumayan bagus di Bali?? Infonya yaaa. Tengkyuu :D

    BalasHapus
  2. pas mendung tapi sepi bro..aku pas coba tengok hari minggu kayak pasar tumpah..maceeet ramee

    BalasHapus