17 September 2012

Wahh.. Meriahnya Solo Batik Carnival 5 (2012)

solo batik carnival 5

Tanggal 30 Juni 2012, Solo menghelat festival budaya tahunan yaitu Solo Batik Carnival yang telah berjalan untuk kelima kalinya. Tidak mau ketinggalan dengan event yang meriah ini, saya dari jauh-jauh hari sudah merencanakan untuk datang. Bahkan tiket VIP seharga 75.000 sudah saya beli online melalui website "Solo Batik Carnival". Awalnya saya ingin mendaftar sebagai fotografer, namun sayangnya saya mengalami kesulitan registrasi saat submit foto diri di website tersebut. Ya sudah lah, akhirnya menerima nasi membeli tiket VIP dengan harapan jarak pandang yang cukup dekat dengan objek nantiya.

Untuk bisa menyaksikan Solo Batik Carnival (SBC) ini bukan tanpa halangan. Saya rencananya berangkat dari Surabaya ke Solo tanggal 30 Juni pukul 00.00 dengan Bus Eka dengan harapan bisa tiba di Solo saat pagi hari. Saya sudah sampai di Terminal Bungurasih pukul 12 malam. Sudah cukup lama menunggu, Bus Eka yang dinanti tak kunjung tiba. Padahal penumpang tujuan Solo dan Jogja sudah menumpuk. Bus ekonomi AC seperti Sumber Kencono dan Mira juga selalu penuh penumpang, bahkan tidak sedikit yang rela berdiri. Musim liburan seperti ini memang sangat sulit mencari angkutan umum ke Jogja/Solo karena selalu penuh.

Bosan menunggu, saya dan beberapa orang yang akan ke Solo akhirnya pergi ke garasi Bus Eka yang terletak di Sepanjang. Rupanya sudah banyak sekali calon penumpang yang antri membeli tiket Bus Eka. Dengan sigap saya masuk ke antrian dengan harapan mendapatkan tiket. Antrian tinggal sedikit lagi, tanpa diduga ada pengumuman kalau tiket Bus Eka untuk malam ini sudah habis. Bus baru beroperasi kembali pukul 04.30. Sebagai pengganti disediakan dua unit Bus Mira kelas ekonomi AC. Sontak para calon penumpang yang semula tertib antri berhamburan menuju bus yang sudah disediakan. Bus langsung penuh tanpa ada kursi kosong yang tersisa. Ya akhirnya berangkatlah saya malam itu ke Solo dengan bus ekonomi AC. Lumayan bisa dapet bus, malah harganya jauh lebih murah. Sepanjang perjalanan saya hanya tidur saja hingga sampai di Solo sekitar jam 9 pagi. Saya di jemput oleh Frandi, teman saya di Solo, untuk kemudian istirahat sejenak di kostnya.

Jam 5 sore, kurang lebih 1 jam sebelum jadwal acara, saya dan Frandi sudah tiba di Stadion Sriwedari tempat dimana event Solo Batik Carnival diselenggarakan. Saya menukar tiket yang saya beli secara online. Ternyata tiket VIP mendapatkan kaos juga. Lumayan laah. Setelah mendapatkan tiket, kami segera masuk ke stadion untuk mencari posisi yang nyaman.

Meskipun dijadwalkan mulai pukul 18.00, namun Solo Batik Carnival 5 baru benar-benar mulai 30 menit kemudian. Acara dibuka dengan penampilan barong sai kemudian diikuti dengan keluarnya peserta Solo Batik Carnival satu per satu. Kalau tidak salah terdapat empat warna dasar pakaian yang dikenakan peserta yaitu putih, merah, hijau, dan kuncing. Masing-masing peserta mengenakan pakaian motif batik dengan hiasan yang berukuran cukup besar. Sering kali mereka kerepotan dalam membawa pakaian yang dikenakan. Perpaduan antara musik dan gerakan-gerakan yang dilakukan peserta begitu cantik dan memukau para penonton.

solo batik carnival 5

solo batik carnival 5

solo batik carnival 5

Total terdapat 300 peserta dengan berbagai motif baik ikut serta dalam Solo Batik Carnival 2012. Peserta carnival ini tidak hanya remaja maupun dewasa saja, anak-anak kecil yang lucu-lucu juga banyak yang terlibat menjadi peserta pameran. Tema yang diusung dalam event ini adalah metamorfosis. Tema ini bercerita mengenai tahapan-tahapan membuat batik.

Hal yang cukup disayangkan pada event ini adalah masalah lighting. Pencahayaan yang kurang maksimal membuat para penonton terkadang kesulitan untuk melihat dengan jelas. Ditambah lagi jarak antara tribun dengan panggung peserta cukup jauh. Untuk para fotografer lebih parah lagi. Hanya sedikit saja fotografer yang menghasilkan gambar dengan baik. Untuk mengatasi hal ini, tidak sedikit penonton dan fotografer yang merangsek ke depan untuk melihat dan menghasilkan foto yang lebih baik. Bukan hal yang patut ditiru, tapi inilah yang terjadi.

solo batik carnival 5

solo batik carnival 5

solo batik carnival 5

Satu hal yang membuat penonton begitu terhibur adalah adanya sesi foto sebelum peserta melakukan karnaval keliling kota Solo. Fotografer bisa mengambil foto peserta lebih dekat. Selain itu penonton juga bisa ikut berfoto bersama para peserta. Nah menariknya lagi, Putri Indonesia juga hadir lho di event ini. Beruntung saya berhasil mengabadikan satu foto Putri Indonesia. Wohooo!

solo batik carnival 5

solo batik carnival 5

solo batik carnival 5

So far, saya dan banyak penonton lain sangat terhibur menyaksikan event tahunan Solo Batik Carnival 2012. Bahkan sampai sekarang saja saya masih terngiang-ngiang perpaduan musik tradisional dan modern yang dikolaborasikan dengan gerakan-gerakan para peserta karnaval. Penonton SBC 2012 juga sangat meriah baik di dalam stadion maupun saat karnaval di jalan raya dalam Kota Solo. Jika ada kesempatan, saya masih ingin menyaksikan Solo Batik Carnival tahun depan. Sedikit hambatan yang ada mudah-mudahan bisa dijadikan perbaikan di tahun-tahun berikutnya. Selamat menikmati foto-foto yang ada. *cheers*


8 komentar:

  1. Kayaknya musti banyak2 ngadain kek ginian biar tetangga sebelah gk main embat aje...

    BalasHapus
  2. wah malah belum pernah kesana

    BalasHapus
  3. Urusan pencahayaan (lighting) di acara karnaval malam semacam ini seringkali disepelekan oleh panitia, hehehe. Mungkin panitia tidak punya dana untuk menerangi ruas jalan Slamet Riyadi yang dilalui peserta dengan pencahayaan yang optimal. Penonton juga tidak disediakan tempat layak untuk menonton. Mungkin ya karena panitia terlalu fokus kepada penampilan peserta jadi hal-hal kecil semacam ini terlewatkan.

    BalasHapus
  4. Terlalu berat untuk menerangi jalan slamet riyadi, tapi kalau pas acara di stadion dengan penonton bayar masih juga gelap sih ya repot juga

    BalasHapus
  5. semoga tahun depan bisa dateng, kemaren telat banget tahunya udah lewat. Informasi tanggal pelaksanaan nya untuk tahun depan biasanya di publikasikan dimana ya? kira2 di publish berapa lama sebelum eventnya?

    BalasHapus
  6. interior consultant03 Oktober, 2012 11:46

    nice info and post...:)

    BalasHapus