31 Oktober 2012

Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Di era seperti sekarang ini traveling bukanlah menjadi barang mewah lagi. Lompat dari kota A ke kota B hanya dalam hitungan jam. Bahkan untuk keluar negeri sekalipun sudah menjadi hal yang sangat biasa dengan banyaknya maskapai-maskapai penerbangan yang menyediakan tiket murah.

Banyak cara yang bisa ditempuh agar budget traveling bisa ditekan sehemat mungkin. Salah satu pos yang cukup menyita anggaran umumnya adalah biaya untuk transportasi terutama tiket pesawat. Nah kali ini saya akan sedikit berbagi tips bagaimana mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang murah. Lagi agak males nulis catatan perjalanan soalnya. :p

Fleksibel dengan Jadwal Keberangkatan

Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah adalah kalian mesti memiliki jadwal keberangkatan yang fleksibel. Pergi di musim-musim liburan tentu bakal sulit mendapatkan tiket murah.

Umumnya high season yang terjadi di Indonesia adalah pada musim libur sekolah antara akhir Mei sampai Juli, libur lebaran, dan libur akhir tahun mulai Desember hingga awal Januari. Sebisa mungkin menghindari bulan-bulan tersebut untuk traveling. Karena berdasarkan pengalaman, harga tiket di waktu-waktu tersebut melonjak cukup tinggi.

Pada bulan-bulan selain bulan di atas, sering kali maskapai-maskapai penerbangan membuka harga tiket promo dengan harga yang sangat menggiurkan. Berdasarkan pengamalan yang sudah-sudah, saya sering mendapatkan tiket di bawah 100.000. Contohnya Surabaya-Makassar pada pertengahan Januari lalu dapat harga 158.000 pergi-pulang, ke Bali bulan Februari dengan harga yang sama, dan terakhir ke Bandung akhir bulan lalu dengan tiket seharga 129.000 sekali jalan. Masih jauh lebih murah dibanding tiket kereta eksekutif sekalipun.

Oh ya, diusahakan juga perginya nggak pas weekend. Sudah umum kan orang bepergian di akhir pekan. Biasanya sih harga tiket untuk keberangkatan akhir pekan terutama tujuan kota-kota wisata harganya naik.

Intinya sih kapan ada tiket promo ayok aja berangkat. Nggak perlu nunggu-nunggu musim liburan atau pas weekend. Nah efek dari tips yang pertama ini apa? Kalian mesti rajin bolos kerja atau kuliah. Itu aja sih.. #Ehh

Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Fleksibel dengan Tujuan

Selain mesti fleksibel dengan jadwal keberangkatan, kalian juga mesti fleksibel dengan kota tujuan kalian. Nggak perlu deh ngincer kota tujuan tertentu sampai-sampai nggak traveling tahunan karena tiket buat ke kota itu nggak pernah murah. Prinsipnya gini aja, kalau ada maskapai yang ngasih promo ke kota tujuan tertentu, kalau harga cocok ya ambil aja. Apalagi kalau harga tiketnya sangat murah. Hajar bleeh.. Tetep ada sisi menariknya kok dari kota-kota yang mungkin kalian anggap bukan kota wisata tersebut.

Terbang dengan Low Cost Carrier

Sudah menjadi rahasia umum kalau maskapai penerbangan berbiaya murah atau bahasa kerennya Low Cost Carrier (LCC) sering kali ngasih tiket promo yang gila-gilaan. Tiga LCC di Indonesia yang sering ngasih promo adalah AirAsia, Mandala, dan Citilink. Berkat maskapai-maskapai ini saya bisa kemana-mana dengan tiket harga tiket dibawah 100.000. Bahkan dapet tiket seharga 5.000 juga sering. Untuk penerbangan internasional, selain AirAsia dan Mandala ada opsi lainnya kok seperti Tiger Airways atau Jetstar. Dalam kasus ini bukan berarti maskapai full service nggak pernah ngasih promo loh ya. Maskapai seperti Garuda Indonesia juga sering ngasih promo, tapi kalau dibandingkan dengan promonya LCC ya jauh. Tiket promonya Garuda mungkin setara dengan tiket reguler LCC.

Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Coba Cari Rute Alternatif

Misal nih ya, saya mau terbang dari Surabaya ke Medan. Untuk penerbangan langsung (tanpa transit), rute ini cuma diterbangi sama satu maskapai saja yang sering kali harganya muahaaal. Padahal terbang di hari biasa, bukan high season. Alternatifnya, kenapa nggak coba dengan rute Surabaya-Jakarta-Medan, Surabaya-Batam-Medan, Surabaya-Singapore-Medan, atau Surabaya-Kuala Lumpur-Medan. Mungkin saja lebih murah dengan transit kan? Tapi mesti inget, kalau transit di luar negeri harus bawa passport. Dihitung juga ya airport tax rute internasional itu 150.000 (Surabaya/Jakarta), kota lain seperti Bandung lebih murah sih.

Tambahan, antara dua sektor (contoh: Surabaya-Kuala Lumpur dan Kuala Lumpur-Medan) tidak harus menggunakan maskapai yang sama. Cek saja satu per satu maskapai yang ngasih harga paling murah untuk masing-masing sektor. Inget! Connecting time antara kedua penerbangan tersebut juga mesti diperhitungkan. Jangan sampai niatnya ngirit malah jadi pahit karena pesawat yang pertama delay jadi ketinggalan pesawat yang kedua.

Terapkan Standar Harga yang Dianggap Murah Untuk Sebuah Rute

Rasanya hampir semua orang pengen dapet tiket dengan harga termurah. Banyak juga yang rajin buka website maskapai buat ngecek harga. Setelah harga keluar, kelamaan mikir, kemudian harga yang tadi keluar udah nggak tersedia, dan ujung-ujungnya malah bayar mahal.

Harga tiket pesawat itu bisa naik dan turun dalam hitungan menit tergantung permintaan dan penawaran. Apalagi tiket pesawat sudah dijual secara online. Semua orang bisa membeli kapan saja. Pada kasus ini terapkanlah standar harga yang ingin kalian bayarkan. Misal, harga tiket Jakarta-Denpasar saat ini 300.000. Kalau menurut kalian harga itu sudah cukup murah dan pantas ya sudah bayar aja nggak usah nunggu-nunggu harga turun lagi. Iya kalau turun, kalau malah naik? *green*

Daftar Program Frequent Flyer

Saat ini banyak sekali maskapai yang memberikan penghargaan terhadap pelanggannya yang loyal. Salah satu caranya adalah dengan program frequent flyer. Dengan mendaftar program ini kalian bisa ngumpulin poin yang bisa ditukar dengan tiket gratis. Nggak perduli seberapa sering kalian terbang, kalian sebaiknya mendaftar program ini. Sayangnya kebanyakan yang punya program frequent flyer adalah maskapai full service. Tapi jangan khawatir, sekarang LCC seperti AirAsia (sensor) juga punya program serupa. Cara ngumpulin poinnya sih gampang, sering-sering aja terbang dengan maskapai tersebut ataupun maskapai rekanannya. Kalau kalian jarang terbang tetep bisa kok dapet poin. Caranya adalah dengan belanja, makan, atau beli produk tertentu di merchant yang sudah bekerjasama dengan maskapai. Semakin sering terbang dan belanja akan semakin cepat menambah poin, semakin cepat juga kalian bisa menukarkan poin dengan tiket gratis. Kalau jarang terbang dan nggak pernah belanja gimana? Ya itu sih derita lo, poin nggak nambah-nambah. -__-"

Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Beli Tiket Jauh-Jauh Hari

Nah ini juga sangat sering terjadi. Banyak maskapai penerbangan yang menawarkan promo tiket murah dengan jadwal keberangkatan yang masih lama. Bisa sebulan, tiga bulan, enam bulan, bahkan satu tahun dari tanggal pembelian tiket. Harga tiketnya juga variatif sih, malah ada yang sering kali berani ngasih promo 5.000 saja untuk sebuah rute. Tapi ya itu, berangkatnya setahun lagi. Haha.. Kalau saya lihat, sistem lempar tiket promo jauh-jauh hari ini nggak cuma LCC aja. Maskapai legacy seperti Garuda juga melakukannya kok. Tiket yang dibeli enam bulan sebelum keberangkatan diberi diskon yang cukup lumayan lhoo.. Jadi jangan ragu beli tiket jauh-jauh hari apalagi kalau super duper murah. Tapi jangan sampai terlalu bernafsu juga ya, bisa-bisa tiket yang udah dibeli hangus gitu aja karena pas hari-H kalian berhalangan berangkat.

Udah dulu deh pidatonya, udah terlalu panjang.. Ini aja udah bikin mata pedes bacanya.. =))



*NB: Jangan tanya harga tiket pesawat ke saya ya karena saya nggak jualan tiket. :))


9 komentar:

  1. dan kalo bisa dapet tiket murah itu rasanya seneng banget yah. Trus kalo misalkan tiketnya gak kepake karena satu dan lain hal ngga merasa rugi karena murah.

    BalasHapus
  2. iya mas bener banget.. sering juga sih saya beli tiket seharga 5.000 nggak jadi terbang. tapi ya nggak terlalu dipikirin nyumbang 5.000 ke airasia. hahaha

    BalasHapus
  3. Mas, carikan tiket Bima-Denpasar yang murah donk #plakkkk

    bolos kerjanya ituuu yang susah. Hemmmm.... :|

    BalasHapus
  4. berapa mas harga tiket pesawat? ahahaha...
    email saya rajin saya daftarkan hampir di seluruh website penerbangan, jadi biar cepet dpt info klo2 ada promo haha

    BalasHapus
  5. Errr... Buat ari kali ini dikasih dispensasi deh :* #ehh

    BalasHapus
  6. +1000... Sebenernya kalau nggak subscribe email di web maskapai bisa juga sih follow akun twitternya

    BalasHapus
  7. Saya cariin situr tikt murah gak ketemu.. :D

    BalasHapus
  8. langsung subscribe ke web masing2 maskapai aja om :p

    BalasHapus
  9. tipsnya menarik mas, seputar berburu tiket pesawat murah. Seru juga sih kalau mencari tiket promo, untuk jalan-jalan traveling atau pulang kampung. Pengalaman saya, apalagi ke destinasi favorit harganya melambung. Tapi pas dapat promo jadi senang banget. Apalagi momen lebaran, susah-susah gampang mendapatkan tiket promo. Makasi sharingnya

    BalasHapus