27 November 2012

Kota Intan, Jembatan Eksotis di Kota Tua

jembatan kota intan

Tidak jauh dari Museum Bahari dan Menara Syahbandar sebenarnya terdapat objek lain yaitu Galangan VOC. Namun saya hanya lewat saja dan tidak mampir di tempat ini. Bapak ojek sepeda selanjutnya mengantarkan saya ke sebuah jembatan tua berwarna merah agak kecoklatan. Jembatan ini bernama Jembatan Kota Intan.

Jembatan Kota Intan juga merupakan salah satu objek bersejarah di Kota Tua Jakarta karena sudah dibangun pada tahun 1628. Jembatan ini dulunya bernama Engelse Brug atau Jembatan Inggris karena dahulu berfungsi untuk menghubungkan Benteng Belanda dan Benteng Inggris yang lokasinya berseberangan dan hanya terpisah oleh Sungai Ciliwung.

Sebenarnya jembatan ini cukup sering bergonta-ganti nama. Sampai pada akhirnya, di masa kemerdekaan Indonesia jembatan tua peninggalan kolonial diberi nama Jembatan Kota Intan karena di kawasan ini pernah berdiri sebuah bastion (menara pertahanan) Kastil Batavia yang bernama Bastion Diamont (Intan).

Jembatan Kota Intan sebenarnya tidak terlalu besar, hanya memiliki panjang sekitar 30 meter dan lebar 4 meter. Dulu, Kali Besar merupakan kanal yang menghubungkan antara pusat Kota Batavia dengan Pelabuhan Sunda Kelapa. Agar kapal-kapal bisa lewat, jembatan ini diberi pengungkit untuk menaikkan badan jembatan setiap kali ada kapal yang melintas. Saat ini sistem pengungkit tersebut sudah tidak difungsikan lagi karena juga sudah tidak ada kapal yang melintas.

jembatan kota intan

Pada masa sekarang ini, Jembatan Kota Intan hanya berfungsi sebagai objek wisata sejarah saja. Tidak jarang lokasi ini digunakan untuk pemotretan karena memang bentuknya cukup eksotis. Sayangnya, kondisi sungai yang penuh dengan sampah dan berbau cukup menyengat terasa mengganggu pengunjung yang datang.

Untuk mengunjungi Jembatan Kota Intan ini sepertinya tidak dipungut biaya yang resmi seperti halnya di objek-objek yang sudah saya kunjungi sebelumnya. Disini pengunjung hanya perlu memberikan dana kebersihan sebesar 1.000 rupiah atau seikhlasnya dan biaya parkir sepeda 1.000 rupiah saja. Tertarik ke Jembatan Kota Intan?



0 komentar:

Posting Komentar