6 November 2012

Menjelajah Kota Tua Dimulai dari Stasiun Jakarta Kota

stasiun jakarta kota

Salah satu tempat wisata yang sudah saya incar sejak lama untuk dikunjungi adalah Wisata Kota Tua Jakarta. Untuk memulai jalan-jalan saya ke Kota Tua, pertama saya menginjakkan kaki di Stasiun Jakarta Kota. Ini adalah stasiun yang sangat mudah diakses dari berbagai penjuru di Jakarta meskipun lokasinya berada agak di bagian utara. Kalian bisa naik Commuter Line dari Bekasi, Bogor/Depok, Manggarai, Gambir, Tanah Abang, dan berbagai stasiun lainnya untuk sampai di Stasiun Jakarta Kota. Beberapa kereta api dari kota-kota di Jawa juga melayani rute tujuan Jakarta Kota kok.

Kenapa Stasiun Jakarta Kota menjadi pijakan pertama saya? Pertama, karena stasiun ini merupakan bagian dari sejarah Kota Tua Jakarta. Saya nggak mau dong melewatkan Stasiun Kota Jakarta dalam kunjungan saya ke Kota Tua. Kedua, akses dari base camp saya di Pasar Minggu ke Stasiun Jakarta Kota cukup mudah. Cukup satu kali naik Commuter Line rute Bogor/Depok/Bekasi tujuan Stasiun Jakarta Kota.

Stasiun Jakarta Kota dulunya dikenal juga dengan nama Beos. Konon nama Beos berasal dari kata Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschapij (Maskapai Angkutan Kereta Api Batavia Timur) yaitu sebuah perusahaan swasta yang mengurusi angkutan kereta api di Batavia dan Jawa.

stasiun jakarta kota

Namun, ada juga versi lain yang mengatakan bahwa Beos berasal dari kata Batavia En Omstreken yang artinya Batavia dan sekitarnya, dimana Beos menghubungkan antara Batavia dengan kota-kota seperti Bekassie (Bekasi), Buitenzorg (Bogor), Parijs van Java (Bandung), Karavam (Karawang), dan lain-lain.

Stasiun Beos dibangun pada tahun 1870 oleh arsitektur asal Belanda, Frans Johan Louwrens Ghijsels. Stasiun ini beroperasi selama kurang lebih 56 tahun hingga akhirnya ditutup pada tahun 1926. Sejak ditutup, Stasiun Beos mendapat renovasi yang berlangsung antara tahun 1926 hingga 1929 sehingga bangunannya seperti Stasiun Jakarta Kota yang bisa kita lihat sekarang. Selama renovasi tersebut, semua kegiatan hilir mudik kereta api menggunakan Stasiun Batavia Noord (Batavia Utara). Karena adanya Batavia Noord, Stasiun Beos juga pernah dikenal dengan sebutan Batavia Zuid (Batavia Selatan).

stasiun jakarta kota

Menginjakknya kaki di Stasiun Jakarta Kota seperti membawa saya ke masa lalu. Bangunan stasiun memang cukup sederhana, namun sangat kental dengan gaya arsitektur modern a la Barat. Hal yang paling menonjol adalah bentuk atap yang berupa lengkungan panjang dan dipasang cukup tinggi memberi kesana bangunan stasiun sangat longgar dengan sirkulasi udara yang baik. Selain itu, pilar-pilar pada pintu masuk stasiun juga begitu cantik.

Saat ini Stasiun Jakarta Kota sudah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya melalui surat keputusan Gubernur DKI Jakarta No 475 tahun 1993. Meskipun begitu, aktifitas hilir-mudik kereta api masih berlangsung seperti biasa. Stasiun juga masih terlihat sangat ramai. Umumnya Stasiun Jakarta Kota menjadi pemberangkatan awal dan tujuan akhir kereta api dari berbagai kota. Kereta api yang mengawali dan mengakhiri perjalanannya di Stasiun Jakarta Kota antara lain Gumarang tujuan Pasar Turi (Surabaya), Gajayana tujuan Malang, Tegal Arum tujuan Tegal, Serayu tujuan Kroya, Gaya Baru Malam Selatan tujuan Gubeng (Surabaya), dan Banten Express tujuan Merak. Sedangkan untuk KRL terdapat Commuter Line tujuan Bekasi dan Depok/Bogor.

Setelah puas berada di Stasiun Jakarta Kota, yuk keluar stasiun dan sedikit jalan kaki ke area wisata Kota Tua Jakarta.. ;)


3 komentar:

  1. Meutia Halida Khairani09 November, 2012 06:16

    pake disqus ga bisa komen di kantor.. di block.. btw, welcome to jakarta. KOK GAK BILANG2?? GRRR

    BalasHapus
  2. aku dateng pas weekday mut.. sebelum weekend juga udah cabut dari jakarta.. gimana dong? pasti kamu sibuk..


    biar nggak kena block pake proxy mut.. hihihihi

    BalasHapus
  3. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai berbagai makanan di indonesia . Inilah cara yang baik untuk mempromosikan makanan yang ada di negara ini.

    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai explore indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    BalasHapus