12 November 2012

Museum Sejarah Jakarta.. Hmm.. Koleksinya Kok Minim Yah?

Museum Sejarah Jakarta/Fatahillah

Salah satu wisata yang bisa dilakukan di Kota Tua Jakarta adalah berkunjung dari satu museum ke museum lainnya. Ya memang karena cukup banyak museum yang ada di kawasan Kota Tua. Salah satu museum yang bisa dikunjungi adalah Museum Sejarah Jakarta atau biasa juga disebut dengan Museum Fatahillah. Museum ini termasuk yang paling mudah ditemukan karena lokasinya berada di Taman Fatahillah yang juga sebagai pusat keramaian wisata Kota Tua.

Bangunan Museum Fatahillah sendiri termasuk salah satu bangunan yang sangat bersejarah di kawasan Kota Tua. Gedung ini dulunya dibangun pada tahun 1707-1710 atas perintah Gubernur Jendral Johan van Hoorn. Awalnya, bangunan bergaya Barok Klasik yang berdiri megah ini difungsikan sebagai Balai Kota yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang bawah tanah sebagai penjara. Namun pada tanggal 30 Maret 1974 bangunan yang mirip dengan Istana Dam di Amsterdam ini diresmikan sebagai Museum Fatahillah.

Untuk masuk ke Museum Fatahillah para pengunjung hanya dikenakan biaya masuk Rp 2.000 per orang. Seperti namanya "Museum Sejarah Jakarta", koleksi dari museum ini lebih banyak menggambarkan tentang perjalanan sejarah Jakarta, replika peninggalan Kerajaan Tarumanegara dan Pasundan, hasil penggalian arkeologi di Jakarta, serta meubel-meubel cantik baik dari Eropa, China, maupun Indonesia.

Museum Sejarah Jakarta/Fatahillah

Selain itu, di museum terdapat berbagai koleksi tentang kebudayaan Betawi, patung Dewa Hermes yang merupakan salah satu dewa menurut mitologi Yunani, dan juga meriam Si Jagur yang dianggap memiliki kekuatan magis.

Kalau tidak salah ingat, Museum Fatahillah memiliki dua lantai. Beberapa koleksi museum terdapat di lantai satu, sedangkan sebagian lagi berada di lantai dua. Nah menurut info yang saya dapat, koleksi Museum Fatahillah berjumlah sekitar 23.500 koleksi. Namun melihat ke dalam museum menurut saya barang-barang koleksi yang dipajang sangat sedikit lho dibanding dengan bangunan museum yang cukup besar. Kesannya museum seperti kopong dan minim koleksi. Apa barang-barang koleksi lainnya disimpan di gudang ya?

Museum Sejarah Jakarta/Fatahillah

Dengan berbagai kondisi yang ada, menurut saya Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah tetap menjadi salah satu museum yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Kota Tua Jakarta.



0 komentar:

Posting Komentar