23 November 2012

Sunda Kelapa, Pelabuhan Tua yang Masih Tersisa

pelabuhan sunda kelapa

Salah satu tempat yang umumnya dikunjungi saat berkeliling Kota Tua Jakarta dengan ojek sepeda adalah Pelabuhan Sunda Kelapa. Tentu saja kalian sudah nggak asing lagi dengan nama ini kan? Mulai belajar sejarah dari SD kita sudah sering mendengar nama pelabuhan paling tua di Indonesia ini.

Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan pelabuhan bersejarah yang menjadi cikal bakal Kota Jakarta. Pelabuhan ini sudah dikenal sejak abad ke-12 dan menjadi pelabuhan yang sangat penting bagi kerajaan Pajajaran yang beribukota di Pakuan. Pakuan sendiri sekarang lebih kita kenal dengan nama Kota Bogor.

Dahulu Pelabuhan Sunda kelapa memiliki lokasi yang sangat strategis sehingga menjadi pusat perekonomian perdagangan di Asia. Kapal-kapal asing dari berbagai negara seperti Timur Tengah, India, China, dan Jepang rutin singgah di pelabuhan ini dengan membawa berbagai komoditi seperti porselen, parfum, anggur, sutra, kopi, dan kain yang ditukar dengan komoditi asal Indonesia yang sangat terkenal saat itu yaitu rempah-rempah.

Melihat kondisi Sunda Kelapa yang begitu penting untuk perekonomian, tidak heran jika banyak kerajaan di Indonesia sendiri dan bangsa Eropa yang tergiur untuk menguasai Sunda Kelapa. Pada akhirnya, Belanda yang berhasil menguasai pelabuhan ini.

Pada saat ini Pelabuhan Sunda Kelapa tidak lagi seperti pada masa jayanya sebagai pusat ekonomi di Asia. Ya, sekarang Sunda Kelapa hanyalah pelabuhan barang yang melayani kapal-kapal antar pulau di Indonesia saja. Kapal-kapal yang bersandar disini umumnya berukuran tidak terlalu besar. Barang-barang yang diangkut di Pelabuhan Sunda Kelapa antara lain barang-barang kelontong, tekstil, dan sembako. Apalagi lokasi Sunda Kelapa tidak terlalu jauh dari pusat perdagangan di Jakarta seperti Glodok dan Harco Mangga Dua.

pelabuhan sunda kelapa

Sekarang Pelabuhan Sunda Kelapa sudah menjadi cagar budaya dan juga sebagai tempat wisata sejarah di Kota Tua Jakarta. Apa yang bisa dilakukan disini? Salah satu hal menarik yang bisa dilakukan di Sunda Kelapa ada hunting foto. Kapal-kapal pinisi yang singgah di pelabuhan serta kegiatan bongkar muat barang dengan cara tradisional merupakan objek yang menarik untuk diabadikan. Sayang, sepertinya saya datang di waktu yang kurang tepat. Saat itu matahari tepat di hadapan kamera, ditambah langit Jakarta yang hazy menghasilkan foto-foto yang kurang bagus (backlight). Alhasil saya nggak begitu banyak mengambil foto, udah males duluan liat hasilnya. Mungkin temen-teman ada yang tahu kapan waktu yang tepat untuk mengambil foto di Sunda Kelapa?

Nah, tidak jauh dari Pelabuhan Sunda Kelapa terdapat Museum Bahari dan Galangan Kapal VOC yang juga menjadi objek wisata sejarah di Kota Tua Jakarta. Yuk ke objek berikutnya! ;)


0 komentar:

Posting Komentar