25 Desember 2012

Cantiknya Taman Sari di Area Keraton Jogja

Taman Sari

Wisata di Jogja memang sangat beragam. Baik itu di luar Kota Jogja maupun di dalam Kota Jogja. Mulai dari wisata budaya, sejarah, belanja, kuliner, pantai, sampai pegunungan komplit, semua ada di Jogja.

Untuk wisata sejarah dan budaya di dalam Kota Jogja, Taman Sari yang terletak di dalam area Keraton Jogja menjadi salah satu yang wajib dikunjungi. Ya kalau sudah berada di Malioboro, apalagi sudah berkunjung ke Keraton Jogja, sangat nanggung kalau nggak berkunjung ke Taman Sari sekalian karena lokasinya sangat berdekatan. Bisa diakses dengan memanfaatkan jasa becak.

Taman Sari terletak di sebelah barat Keraton Jogja, berdekatan juga dengan alun-alun selatan. Ini merupakan sebuah istana yang dibuat pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwana I dan baru selesai pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwana II.

Taman Sari

Sebelum dibangun sebagai lokasi pesanggrahan, tempat ini sudah lebih dulu dikenal sebagai pemandian. Pada masa pemerintahan Panembahan Senopati, Taman Sari yang ada saat ini dikenal dengan nama Umbul Pacethokan. Adanya umbul ini juga yang menjadi salah satu pertimbangan pendirian lokasi Keraton Jogja.

Tujuan didirikannya Taman Sari adalah sebagai sarana untuk menenteramkan hati, istirahat, dan rekreasi karena pada saat itu Sri Sultan Hamengku Buwana baru saja menyepakati perjanjian Giayanti (1755) setelah sekian lama bersengketa dan terlibat perang.

Taman Sari

Kompleks Taman Sari ini cukup luas dan saat ini digunakan sebagai salah satu objek wisata di Jogja. Bangunan-bangunan yang ada di Taman Sari bisa dibilang hanya tersisa sepatuhnya karena sebagian besar sudah hancur maupun menjadi kompleks perkampungan yang padat. Tapi paling tidak saat ini kita masih bisa melihat beberapa bagian bangunan yang masih berdiri kokoh.

Pintu masuk ke Taman Sari mempunyai bentuk yang sangat khas yang merupakan arsitektur asli Jawa dengan motif-motir burung, ekor, dan sayap burung garuda. Tidak jauh dari gerbang tersebut terdapat sebuah kolam pemandian yang memang sangat cantik. Kono nama tempat ini adalah Umbul Pasiraman atau ada juga yang menyebut dengan Umbul Binangun. Kolam ini dulunya merupakan tempat pemandian bagi sultan, para istri, serta putri-putrinya. Katanya, pada jaman dulu hanya wanita yang boleh masuk ke Taman Sari kecuali sultan. Hal ini karena baik permaisuri, selir, maupun putri-putrinya akan lepas baju saat mandi, sehingga selain wanita dilarang keras masuk. Wiihh!

Taman Sari

Di bagian lain, terdapat tempat yang namanya Sumur Gumiling. Untuk masuk ke tempat ini harus melewati lorong bawah tanah yang cukup gelap. Konon pada jamnnya, tempat ini juga difungsikan sebagai masjid. Saya sih masih agak bingung dengan konsepnya, bagaimana bangunan seperti ini digunakan sebagai masjid.

Di sekitar Sumur Gumiling ini juga terdapat lorong-lorong yang saat ini sudah ditutup. Dulu katanya digunakan sebagai jalan penyelamat saat keraton di serang musuh. Tapi kurang tahu juga jalan ini ujungnya berada dimana.

Taman Sari

Satu yang pasti, Taman Sari nggak boleh dilewatkan saat kalian liburan ke Jogja. Tempat ini sangat bagus untuk hunting foto, terutama karena tempatnya yang memang menarik dan juga karena arsitektur bangunan yang kuno tapi cantik banget. Selamat berlibur!


0 komentar:

Posting Komentar