15 Desember 2012

Embung Tambakboyo, Wisata Danau di Jogja

Embung Tambakboyo

Berbeda dengan wisata budaya dan sejarah yang banyak sangat beragam, wisata alam danau di Jogja bisa dibilang cukup minim. Tapi di sebelah utara Jogja, tepatnya di Condongcatur/Maguwo terdapat sebuah danau buatan yang bernama Embung Tambakboyo. Lokasi Embung Tambakboyo cukup mudah diakses kok, karena nggak jauh dari Kampus UPN Veteran, AMIKOM, maupun Fakultas Ekonomi UII.

Resminya, Embung Tambakboyo bukanlah sebuah tempat wisata. Danau buatan ini dibuat dengan fungsi utama sebagai cadangan dan resapan air tanah untuk warga Sleman, Bantul, dan Yogyakarta, sebagai sarana pengairan, dan cadangan air PDAM di masa mendatang. Tapi tempat ini bisa juga untuk bersantai maupun berwisata di sore hari, maupun sebagai tempat berolahraga.

Embung Tambakboyo

Sebagai danau buatan, Embung Tambakboyo diatur sedemikian rupa sehingga terlihat cukup rapi dan bersih. Di sekeliling waduk sudah dibuat jalan dari paving blok yang nyaman kalau kalian ingin sekedar jogging disini.

Kebanyakan orang yang datang ke Embung Tambakboyo ini memang bukan untuk berwisata. Tempat ini lebih cocok digunakan untuk memancing. Bersantai di tepi danau sambil membawa kail untuk memancing ikan tentu saja cukup mengasyikkan. Apalagi di danau banyak terdapat ikan seperti ikan nila, ikan lele, ikan gabus, maupun ikan bawal.

Embung Tambakboyo

Umumnya, Embung Tambakboyo ramai oleh para mancing mania pada pagi hari sekitar pukul 05.00-10.00, sore hari pukul 15.00-18.00, dan nggak sedikit juga yang memancing di malam hari hingga tengah malam. Semoga aja nggak dapet kuntilanak. -__-



0 komentar:

Posting Komentar