6 Januari 2013

Komplit! Perjalanan Darat, Laut, dan Udara dari Lampung ke Jogja

Perjalanan Darat, Laut, dan Udara dari Lampung ke Jogja

Cukup sudah dua minggu di kampung halaman dengan kegiatan rutin makan-tidur terus-menerus dan nggak kemana-mana kecuali liburan keluarga setelah lebaran ke Taman Nasional Way Kambas dan Pantai Mutun sekaligus Pulau Tangkil. Sudah waktunya balik lagi ke Jogja berempat bareng kakak perempuan dan suami, serta si kecil keponakan saya. Ya sama lah seperti saat berangkat dari Jogja ke Lampung.

Seperti halnya dalam perjalanan dari Jogja ke Lampung, saat pulang dari Lampung ke Jogja ini kami juga melaluinya dengan perjalanan yang agak panjang dengan tiga moda transportasi sekaligus yaitu perjalanan darat dengan mobil dari rumah ke pelabuhan Bakauheni, perjalanan laut dengan kapal ferry dari Bakauheni ke Merak, dilanjutkan dengan naik bus dari Merak ke Serang untuk menginap semalam, dan yang terakhir adalah naik pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta ke Jogja. Sangat komplit kan ya? Hehe..

Untuk perjalanan dari rumah ke Pelabuhan Bakauheni sih nggak perlu mikir karena dianter sama kakak saya yang pertama. Eh malah ibu dan ayah saya juga ikut nganter sampai ke Pelabuhan. Mungkin karena efek cucunya yang ikut pulang kampung kali yah. Coba kalau saya sendiri yang pulang, paling juga disuruh naik ojek. #Ups #Curhat

Begitu sampai di Pelabuhan Bakauheni yang memang masih pagi, kami langsung membeli tiket kapal ferry di loket. Seminggu setelah lebaran ternyata tidak ada antrian sama sekali di loket untuk penumpang pejalan kaki. Setelah mendapatkan tiket ya langsung naik ke lantai dua pelabuhan dan kemudian naik kapal ferry yang sudah siap berangkat.

Perjalanan Darat, Laut, dan Udara dari Lampung ke Jogja

Kali ini kami mendapatkan kapal ferry yang tidak terlalu besar, ditambah dengan fasilitasya yang cenderung jelek. Bakal lumayan sengsara selama pelayaran. Huhuhu.. Tidak terasa kapalpun berangkat meninggalkan Lampung menuju Pelabuhan Merak di Banten. Karena perjalanan siang hari, jadi saat berangkat ini lumayan juga bisa melihat pemandangan laut Selat Sunda yang hijau dan bersih.

Umumnya perjalanan laut dari Pelabuhan Bakauheni di Lampung hingga Pelabuhan Merak di Banten membutuhkan waktu sekitar tiga jam. Tapi sayangnya kapal yang kami naiki ini berjalan sangat lambat. Bahkan beberapa kali di dahului oleh kapal-kapal yang berada di belakangnya. Benar saja, menjelang tiba di Pelabuhan Merak kapal yang kami naik malah berhenti dan tak kunjung bersandar. Sepertinya dermaga sedang penuh diisi dengan kapal-kapal yang lain. Oleh karena itu kapal yang kami naiki harus antri. Ya apes saja lebih dari empat jam terombang-ambing di laut sebelum akhirnya kapal bersandar di dermaga Pelabuhan Merak yang paling ujung. Apesnya nambah nih karena kami mesti berjalan cukup jauh untuk keluar pelabuhan.

Di Pelabuhan Merak kami sudah dijemput oleh adiknya kakak ipar saya. Memang kami akan menginap dulu di Serang satu malam di rumah adiknya kakak ipar saya tersebut sebelum esok harinya berangkat ke Jogja dengan penerbangan Indonesia AirAsia.

Keesokan harinya sektiar pukul 10.00 kami berangkat lagi dari Serang ke Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang. Awalnya sih pengen naik Bus Damri Bandara dari Terminal Pakupatan Serang. Sayangnya kami terlambat, bus sudah berangkat. Sedangkan jadwal berikutnya masih agak lama. Ya sudah akhirnya kami naik Bus Arimbi tujuan Kali Deres dan turun di Pintu Air yang nggak jauh dari Kantor Walikota Tangerang. Dari situ lanjut naik taksi ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta cuma habis 25.000 kalau nggak salah.

Karena kami sudah melakukan web check-in, jadi tidak perlu lagi repot-repot antri di konter check-in. Apalagi untuk penerbangan Indonesia AirAsia, check-in di konter dikenakan biaya 30.000 per penumpang. Sayang kan? Mendinga web check-in dan print boarding pass sendiri. Alternatif lainnya bisa menggunakan kiosk check-in yang ada di bandara. Fasilitas ini juga gratis kok.

Bagi yang sudah melakukan web check-in ataupun kiosk check-in di Terminal 3 langsung saja naik ke boarding room yang terletak di lantai dua. Kalau mau santai-santai dulu di cafe atau lounge boleh juga sih, apalagi kalau jadwal penerbangannya masih agak lama. Kami menyempatkan makan siang dulu di Monas Lounge yang terletak di lantai dua. Lumayan murah sih harganya, apalagi ada diskon dengan menggunakan kartu plasti bank tertentu.

Perjalanan Darat, Laut, dan Udara dari Lampung ke Jogja

Setelah makan siang kami langsung masuk ke boarding room. Saat ini boarding room Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dibagi dua menjadi terminal domestik dan terminal internasional. Untuk penerbangan internasional sendiri waktu kami berangkat ini nggak terlalu ramai. Sedangkan untuk penerbangan domestik begitu padat. Apalagi sekarang penerbangan Lion Air tujuan Denpasar juga ikut menggunakan Terminal 3. Tambah sumpek aja deh ini terminal.

Sebelum memasuki security check akan ada petugas dari Indonesia AirAsia yang akan mengecek boarding pass dan KTP, serta memungut biaya airport tax. Dengan space yang cukup kecil, tidak jarang antrian disini begitu mengular, terutama pada jam-jam sibuk. Andai saja airport tax AirAsia sudah termasuk dalam harga tiket seperti Garuda, nggak perlu repot-repot seperti ini lagi.

Oh ya, untuk penerbangan dari Jakarta ke Jogja ini kami membeli tiket lebih mahal dibandingkan saat dari Jogja ke Jakarta. Pada penerbangan ini kami membeli tiket seharga 130.000 per orang. Sedangkan tiket dari Jogja ke Jakarta yang lalu cuma 50.000 aja. Tapi harga segitu juga masih sangat murah kan? Tiket bus Jakarta-Jogja aja bisa sampai 180.000. Hehehe..

Perjalanan Darat, Laut, dan Udara dari Lampung ke Jogja

Kami hanya menunggu selama satu jam sebelum akhirnya penumpang Indonesia AirAsia dengan nomor penerbangan QZ-7550 tujuan Jogja dipersilakan boarding. Boardingnya sendiri sangat ontime. Pesawat dijadwalkan berangkat pukul 14.20, sedangkan boarding diumumkan pukul 14.00. Penumpang diangkut dengan bus menuju pesawat karena pesawat parkir agak jauh.

Rupanya pada penerbangan ini kami akan menaiki pesawat Airbus A320 dengan registrasi PK-AXJ yang terparkir bersebelahan dengan pesawat Airbus A320 Mandala PK-RMO. Usia pesawat tentu saja masih tergolong muda, baru sekitar tiga tahun. Pesawat ini dikirimkan oleh Airbus kepada Indonesia AirAsia pada 10 September 2009. Kalau nggak salah sih ini pesawat Airbus A320 Indonesia AirAsia yang kesembilan. Sedangkan sekarang maskapai ini sudah mengoperasikan 23 Airbus A320. Jumlah ini akan terus bertambah setiap tahunnya.

Saat boarding kami sudah disambut di pintu oleh pramugari yang senyum ceria. Setelah itu kami duduk pada kursi kami masing-masing. Pada penerbangan ini hampir seluruh kursi di pesawat penuh terisi. Saat proses boarding ini pramugari juga mengumumkan agar penumpang tidak mengenakan sabuk pengamannya terlebih dahulu karena sedang dilakukan pengisian bahan bakar. Setelah semua komplit, barulah pintu pesawat ditutup. Tapiii.... Pesawat tidak kunjung berangkat juga. Tidak lama kemudian kapten pada penerbangan ini melakukan permohonan maaf karena keberangkatan akan ditunda selama 30 menit karena padatnya lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta. Yah nggak heran sih, bandara yang satu ini memang biangnya delay terutama pada jam-jam sibuk.

Perjalanan Darat, Laut, dan Udara dari Lampung ke Jogja

Begitu mendapatkan clearence untuk berangkat barulah pesawat didorong mundur lalu kembali antri diurutan kelima setelah ada pesawat yang take off dan landing di depan. Pada penerbangan ke Jogja kali ini cukup smooth dengan cuaca yang begitu bagus. Saya cuma bisa tidur aja sepanjang penerbangan yang hanya berdurasi satu jam ini. Mau foto-foto di luar juga nggak bisa, soalnya saya duduk terjepit di kursi D. Nasib deh.. Window nggak dapet, aisle juga nggak dapet.

Pesawat akhirnya mendarat mulus di runway 09 Bandara Adi Sucipto setelah melakukan penerbangan kurang dari satu jam. Senang sekali rasanya mudik murah, aman, dan nyaman dengan Indonesia AirAsia. Untuk tahun lebaran 2013 kami juga sudah mendapatkan tiket lohh. Saya akan berangkat dari Semarang ke Jakarta dengan tiket seharga 5.000, sedangkan kakak saya sekeluarga kecil akan berangkat dari Jogja ke Jakarta dengan tiket 59.000. Mudik jadi semakin murah dengan Indonesia AirAsia. Thanks AirAsia..