23 Februari 2013

Culinary in The Air - Onboard Indonesia AirAsia Flight 7632 (Bandung-Surabaya)

Culinary in The Air

Mungkin agak membosankan ya kalau saya menulis trip report dengan pesawat terbang yang itu-itu saja. Maskapainya AirAsia lagii.. AirAsia lagi.. Rutenya juga itu-itu saja. Yah seperti biasalah penerbangan dengan Indonesia AirAsia berjalan dengan mulus, delay sebentar karena ada Bandung Air Show, pesawat A320 PK-AXL yang masih mulus, dan yang penting pramugari juga mulus.. #eh #gagalfokus

Gimana kalau kita ngomongin hal lain yang masih berhubungan dengan dunia penerbangan, masih berhubungan dengan pesawat juga, tapi pembahasannya nggak berat-berat. Hmm.. Apalagi kalau bukan kuliner di pesawat. Pernah terbayang dengan yang namanya berkuliner ria di dalam pesawat? Berminat mencoba?

Culinary in The Air

Saat ini sudah banyak maskapai penerbangan berbiaya murah, termasuk di Indonesia. Biasanya maskapai seperti ini menawarkan harga yang murah karena jika ingin ini itu mesti beli lagi, termasuk makanan. Salah satu maskapai Indonesia yang menyediakan makanan selama penerbangan adalah Indonesia AirAsia. Nggak gratis pastinya, tapi harus bayar.

Bukan suatu hal yang istimewa lagi di luar negeri, tapi sepertinya Indonesia AirAsia adalah maskapai Indonesia pertama dimana penumpang bisa melakukan pemesanan/pembelian makanan secara online. Tapi nggak usah khawatir, kalian juga bisa kok membelinya saat dalam penerbangan. Tapi AirAsia nggak bisa menjamin ketersediaan setiap menu. Selain itu, harga makanan yang dibeli saat berada di dalam pesawat sedikit lebih mahal.

Culinary in The Air

Indonesia AirAsia merupakan maskapai yang menurut saya satu-satunya yang niat berjualan. Bisa dilihat dari buku menu yang disedikan, menunya cukup komplit.. Baik itu berupa snack maupun hot meal. Penampilannya pun sangat menggugah selera. Lebih menarik lagi, penumpang bisa memesan makanan lebih dari satu menu saat membelinya secara online.

Pada penerbangan saya dengan Indonesia AirAsia nomor penerbangan 7632 rute Bandung-Surabaya akhir September 2012 lalu, saya memesan dua menu sekaligus. Ya memang udah niat sih dari awal pengen nyicipin aneka menu AirAsia. Apalagi harga tiket yang saya dapat cukup murah, lebih murah dari tiket bus atau kereta. Jadi lumayan uang sisanya bisa untuk pesanan makanan.

Culinary in The Air

Culinary in The Air

Dua menu yang saya pesan adalah Nasi Lemak Pak Nasser dan Combo Pancake. Bagi kalian yang sudah familiar dengan penerbangan AirAsia tentu sudah kenal dengan menu Nasi Lemak Pak Nasser. Kalaupun belum pernah coba paling nggak sudah pernah lihat gambarnya :p. Menu ini memang menjadi signature dish AirAsia. Nggak heran kalau Nasi Lemak Pak Nasser selalu laris manis. Apalagi rasanya memang enak dan porsinya juga lumayan. Review tentang menu ini sudah saya tulis di Signature Dish AirAsia: Nasi Lemak Pak Nasser. Monggo diklik lalu dibaca. :D

Culinary in The Air

Culinary in The Air

Menu satunya yang saya pesan adalah Combo Pancake. Satu porsi menu ini berisi tiga potong pancake yang disajikan dengan butter dan maple syrup. Dari segi rasa, pancake ini memang biasa saja. Agak salah juga sepertinya pilih menu. Mungkin lebih enak kalau pesen Chicken Sandwich atau Hot Dog. Tapi ya sudah lah, sudah terlanjur. Review lengkap tentang pancake ini juga sudah saya tulis di Combo Pancake a la AirAsia.

Culinary in The Air

Satu hal yang patut diacungi jempol untuk menu-menu di penerbangan AirAsia. Pada kotak saji hot meal bisa dipastikan terdapat komposisi bahan dari menu yang dipesan. Tidak lupa disana tertulis besaran kalori yang terkandung. Hal yang tidak dilakukan oleh maskapai sekelas Garuda Indonesia sekalipun.

Culinary in The Air

Nah, menikmati makanan di ketinggian lebih dari 30.000 kaki di atas permukaan laut tentu saja punya sensasi tersendiri. Makan ditemani oleh pemandangan luar berupa langit biru dan gunung-gunung di bawah saling menjulang. Waaah.. Begitu mendarat perut sudah aman, nggak minta isi lagi.. Hoho..

Culinary in The Air


0 komentar:

Posting Komentar