24 Februari 2013

Enam Tips Jika Terpaksa Tidur di Bandara

tips tidur di bandara

Terkadang saat melakukan traveling/backpacking, kita terpaksa harus tidur di bandara dengan berbagai sebab. Salah satu alasannya adalah mungkin karena faktor biaya. Seperti kita ketahui, saat traveling, komponen biaya untuk penginapan bisa jadi adalah komponen yang paling merusak anggaran. Alasan lainnya bisa berupa menunggu penerbangan lanjutan, tiba terlalu malam di bandara tujuan, penerbangan delayed, atau malah penerbangan dibatalkan dan baru diberangkatkan keesokan harinya.

Berikut ini ada beberapa tips bila kalian terpaksa harus tidur/menginap di bandara:

1. Cari lokasi yang strategis, aman, dan nyaman
Mencari tempat yang aman saat tidur di bandara adalah mutlak diperlukan. Kalau bisa cari tempat yang nggak terlalu sepi, tapi juga nggak terlalu ramai. Malah sebisa mungkin mencari tempat yang masih terpantau oleh Aviation Security (Avsec). Tempat yang sepi cenderung tidak aman, sedangkan tempat yang ramai cenderung tidak nyaman karena berisik. Jika ada, kalian bisa tidur dikursi-kursi yang umumnya ada di bandara. Lumayan nyaman juga kok.
2. Sebisa mungkin menggunakan celana berlapis
Celana berlapis disini maksudnya menggunakan celana pendek yang dirangkap dengan celana panjang. Fungsinya adalah celana bagian dalam untuk mengantongi barang-barang berharga seperti dompet, paspor, mobile phone, dan lain-lain. Lumayan mengantisipasi kalau ada yang "grepe-grepe" kantong.
3. Siapkan jaket atau pakaian hangat
Sudah jadi hal yang umum kalau udara di dalam bandara cukup dingin. Bahkan di beberapa bandara kita hanya diperbolehkan tidur di area luar terminal. Udara luar di malam hari tentu saja kurang bersahabat untuk tubuh. Mempersiapkan jaket atau baju hangat sangat membantu menjaga kondisi badan agar tetap vit selama perjalanan.
4. Gunakan tas sebagai bantal
Biasanya kursi-kursi yang ada di bandara cukup keras karena terbuat dari besi tanpa busa. Terkadang juga kita terpaksa tidur ngemper di lantai. Menjadikan tas sebagai bantal tentu sedikit membantu agar leher nggak terlalu pegal. Selain itu, cara ini cukup membantu mengamankan tas dari tangan-tangan jahil.
5. Bawa penutup mata
Bagi sebagian orang, akan sulit tidur dalam kondisi terang. Namanya bandara di malam hari, umumnya tempatnya terang. Penutup mata sangat membantu agar kalian bisa tertidur lelap.
6. Pasang alarm
Ini salah satu poin yang nggak kalah penting. Pasang alarm! Jangan sampai udah rela tidur di bandara malah ketinggalan pesawat karena tidur terlalu nyenyak. :p



0 komentar:

Posting Komentar