14 Februari 2013

Menikmati Kemeriahan Bandung Air Show 2012

Bandung Air Show 2012

Yak akhirnya saya kembali lagi posting blog setelah sekian lama absen. Haha.. Kali ini saya masih akan bercerita tentang perjalanan saya ke Bandung pada akhir September 2012 yang lalu. Mudah-mudahan nggak basi sih ya. Yup, tujuan utama saya datang ke Bandung adalah untuk menyaksikan acara dua tahunan yang dilakukan di Kota Bandung. Apalagi kalau bukan pameran kedirgantaraan Bandung Air Show 2012. Bagi penggemar dunia aviasi tentu saja sangat sayang kalau melewatkan acara ini.

Bandung Air Show 2012 diselenggarakan pada tanggal 27-30 September 2012. Menurut saya acara ini dikemas dengan cukup baik dengan memanfaatkan lokasi di Hanggar ACS miliki PTDI. Konsep pamerannya sendiri terbagi dua, ada indoor dan ada juga outdoor. Untuk indoor berada di dalam hanggar yang berisi berbagai macam stand baik itu yang berhubungan dengan dunia kedirgantaraan maupun tidak. Misal stand yang berhubungan dengan dunia penerbangan antara lain stand dari berbagai sekolah penerbangan, stand maskapai penerbangan, komunitas penerbangan, dan lain-lain. Sedangkan untuk yang tidak berhubungan dengan dunia penerbangan misalnya stand-stand yang menjual kerajinan tangan khas Bandung, stand yang menjual pakaian, termasuk juga area food court yang menyediakan aneka jenis jajanan bagi para pengunjung pameran.

Bandung Air Show 2012

Bandung Air Show 2012

Bandung Air Show 2012

Bandung Air Show 2012

Sementara untuk pameran outdoor, juga terbagi menjadi dua bagian yaitu static display dan dynamic display. Pada static display dipamerkan aneka macam pesawat dari berbagai jenis dan milik berbagai perusahaan maupun institusi. Lion Air merupakan satu-satunya maskapai penerbangan yang menempatkan sebuah pesawat Boeing 737-800 miliknya untuk dipamerkan sebagai static display. Selain itu terdapat pula pesawat jenis Cessna 172 milik Bandung Pilot Academy (BPA), Hercules C-130 dan Colibri EC-120B milik TNI-AU, N250 buatan PTDI, dan cukup banyak pesawat kecil-kecil dari berbagai negara tetangga yang ikut dipamerkan. Mungkin pertunjukan dynamic display menjadi tontonan paling menarik selama pameran Bandung Air Show 2012. Pengunjung bisa menyaksikan aksi-aksi pilot fighter di atas pesawat Hawk 100 dan Hawk 200 yang terbang rendah di atas landasan Bandara Husein Sastranegara dengan kecepatan yang sangat tinggi. Aksi-aksi helikopter jenis Colibri juga tak kalah memukau. Formasi-formasi yang dilakukan membuat decak kagum penonton. Lebih menakjubkan lagi ketika pesawat dari negara tetangga yang melakukan terbang akrobatik. Manuver-manuvernya cuma bisa biking melongo dan membuat penonton berdesak-desakan. Sampai-sampai Blackberry dan kamera cadangan (kamera pocket) saya di dalam tas diambil copet nggak kerasa. Hiks.. Oh ya, bagi para spotters tentu saja menjadi kesempatan langka bisa mengambil foto pesawat yang hilir-mudik di Bandara Husein Sastranegara dalam jarak yang cukup dekat. Bukan hanya pesawat maskapai penerbangan komersial yang beroperasi di Bandung, tapi juga sejumlah pesawat VIP yang menjadi tamu undangan di Bandung Air Show 2012.

Bandung Air Show 2012

Bandung Air Show 2012

Bandung Air Show 2012

Selain aksi-aksi pilot yang menawan beserta pesawat-pesawat cantik yang dipamerkan, ada juga lho yang nggak kalah menarik dan bikin mata melotot. Apalagi kalau bukan aksi bidadari-bidadari cantik yang merupakan pramugari Lion Air bergaya di depan kamera. Woaah.. Meskipun mereka bukan seorang model, tapi gayanya di depan kamera patut diacungi jempol. Nggak ada rasa canggung sama sekali. Luar biasa nih Lion mengambil hati para pengunjung. Sebenernya aksi pramugari-pramugari ini sebagai model untuk lomba foto lhoo.. :))

Bandung Air Show 2012

Bandung Air Show 2012

Bandung Air Show 2012

Bandung Air Show 2012

Dalam empat hari acara Bandung Air Show 2012 saya hanya datang di hari pertama dan kedua saja. Itupun karena mau ngerecokin temen-temen memberi Indoflyer PK-BDO yang membuka stand disana. Haha.. Dari dua hari itu saja pengunjung selalu ramai, padahal weekday. Sewaktu weekend nggak kebanyang deh ramenya kayak apa. Sayangnya saya sudah pulang lagi ke Surabaya di hari ketiga, sehingga nggak bisa menikmati gemuruhnya Bandung Air Show saat weekend.

Satu hal yang cukup disayangkan adalah kembali terjadi kecelakaan saat ada pesawat yang melakukan penerbangan akrobatik. Ini seperti mengulang kejadian yang sama saat Bandung Air Show pertama tahun 2010 lalu. Lagi-lagi kita haru kehilangan pilot-pilot handal di pameran kedirgantaraan ini. Yah semoga di Bandung Air Show 2014 nanti nggak ada lagi kejadin seperti ini.

Nah berikut ini saya sajikan beberapa jepretan kamera saya yang lainnya saat Bandung Air Show 2012:

Bandung Air Show 2012

Bandung Air Show 2012

Bandung Air Show 2012

Bandung Air Show 2012

Bandung Air Show 2012

Bandung Air Show 2012

Bandung Air Show 2012


0 komentar:

Posting Komentar