13 Maret 2013

Anjungan Seni Idrus Tintin sebagai Simbol Seni dan Budaya di Pekanbaru

Anjungan Seni Idrus Tintin

Seperti yang sudah saya utarakan sebelumnya, pada trip ke Sumatera kali ini saya memang kurang persiapan. Begitu pula saat berada di Pekanbaru. Waktu yang sedikit ini hanya saya habiskan untuk city tour saja. Bahkan saya menganggap Pekanbaru hanya sebagai tempat untuk numpang lewat sebelum melanjutkan ke tujuan utama yaitu Sumatera Barat.

Kebanyakan objek wisata di Kota Pekanbaru merupakan objek wisata budaya dan sejarah. Objek wisata alam sebenarnya juga ada, tapi terletak agak jauh dari kota. Untuk menghemat waktu, saya sengaja hanya mengunjungi objek-objek yang terletak di kota saja.

Salah satu objek yang saya kunjungi adalah Anjungan Seni Idrus Tintin. Ini merupakan sebuah bangunan yang terletak di Arena Purna MTQ atau yang sekarang telah berubah namanya menjadi Bandar Serai. Tapi warga Kota Pekanbaru umumnya mengenal tempat ini dengan sebutan "MTQ" saja.

Bangunan ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman, tidak terlalu jauh dari Bandara Sultan Syarif Kasim II. Jika kalian dari bandara dan naik Bus TransMetro, kalian bisa turun di halte seberang MTQ.

Hal yang paling menarik dari Anjungan Seni Idrus Tintin tentu saja adalah arsitekturnya yang sangat kental dengan budaya Melayu Riau. Bahkan jika dilihat dari luar, bangunan ini tergolong cukup megah untuk ukuran tempat pertunjukan seni. Lihat saja, meskipun Anjungan Idrus Tintin hanya memiliki satu lantai, namun tinggi bangunan setara dengan tiga lantai. Megah sekali kan?

Saya memang nggak punya kesempatan untuk masuk ke dalam Anjungan Seni Idrus Tintin jadi nggak begitu paham juga kondisi di dalam seperti apa. Tapi saya melihat cukup banyak pemuda-pemudi yang keluar masuk gedung. Sempat mengintip sebentar, sepertinya mereka sedang berlatih drama untuk pertunjukan. Ya bisa bilang Anjungan Seni Idrus Tintin ini sebagai simbol seni dan budaya di Pekanbaru. Tempat ini juga pernah digunakan untuk menggelar Festival Film Indonesia (FFI) 2008 lho.

Menurut saya, Anjungan Seni Idrus Tintin nggak bisa dibilang sepenuhnya sebagai tempat wisata sih. Tapi bentuk bangunannya yang menarik dan sangat mencolok cukup menggoda orang untuk datang. Paling tidak saya melihat cukup banyak masyarakat yang datang untuk sekedar bersantai maupun berfoto ria di sekitar Anjungan Seni Idrus Tintin. Di sekitar anjungan juga terdapat bangunan-bangunan rumah adat berbagai daerah di Riau yang cantik-cantik. Cukup seru juga untuk berfoto. Selain itu ada Dekranasda yang sepertinya masih belum difungsikan.

Jadi, nggak ada salahnya kan kalau mampir sejenak ke Anjungan Seni Idrus Tintin untuk sekedar berfoto dan mengagumi kecantikan bangunannya?


2 komentar:

  1. Arie Ardiansyah18 Maret, 2013 07:11

    terakhir ke Pekanbaru depannya dipagari seng dan ngga boleh masuk. sekarang udah boleh masuk lagi kah ?

    BalasHapus
  2. sudah boleh masuk lagi kok mas.. monggo dicoba pas ke pekanbaru lagi..

    BalasHapus