11 Maret 2013

Menikmati Keteraturan Kota Pekanbaru

Pekanbaru

Sebenarnya saat tiba di Kota Pekanbaru saya cukup takjub. Kota yang sering kali dijuluki sebagai kota minyak ini tidak terlalu besar. Tapi menurut saya kota ini begitu teratur dan bersih. Paling tidak itu yang saya lihat di jalanan-jalanan utama Kota Pekanbaru.

Berjalan kaki keliling kota di sepanjang jalan utama seperti Jalan Jenderal Sudirman juga sangat nyaman. Trotoar telihat bersih dan dipenuhi dengan pepohonan yang rindang. Bahkan jarang saya melihat adanya pedagang kaki lima yang berjualan di trotoar.

Pekanbaru

Dari segi kepadatan, Pekanbaru juga bisa dibilang ideal. Maksudnya, kendaraan yang melintas di jalan tidak terlalu padat sehingga juga tidak menimbulkan kemacetan. Paling-paling kendaraan terlihat banyak saat sore hari pada jam pulang kerja. Selebihnya malah terlihat agak lengang.

Pekanbaru

Pekanbaru

Ada satu hal yang unik berdasarkan pengamatan saya di Kota Pekanbaru. Karena warga melayu dan penduduk di kota ini mayoritas adalah muslim, jadi sudah menjadi pemandangan umum kalau nama jalan juga ditulis dalam huruf Arab, selain huruf Latin.

Pekanbaru

Pekanbaru

Untuk transportasi umum, Pekanbaru memiliki beberapa alternatif di antaranya Bus TransMetro, bus kota, dan angkot. Berdasarkan pengalaman sendiri, Bus TransMetro merupakan angkutan yang paling nyaman dan juga dengan harga murah. Dengan uang 3.000 saya sudah bisa berkeliling ke sejumlah spot di Kota Pekanbaru. Minusnya, angkutan masal ini hanya melewati jalanan-jalanan utama saja. Kalau mau yang lebih fleksibel sih bisa menggunakan angkot. Tapi sedikit ribet kalau kita nggak ngerti jalur-jalurnya. Kalau naik angkot sebaiknya aktif bertanya baik kepada masyarakat sekitar maupun kepada sopir angkot.

Pekanbaru

Pekanbaru

Selain angkutan umum tersebut, pastinya ada dong transportasi yang lebih mahal dan nyaman. Apalagi kalau bukan taksi. Taksi yang sangat direkomendasikan di sini setidaknya ada dua, yaitu Blue Bird dan Riau Taksi. Dua taksi ini pastinya pakai argo dan lumayan terjamin.

Pekanbaru

Pekanbaru

Bagaimana dengan wisata? Kota Pekanbaru memang bukan menjadi salah satu destinasi utama wisata di Sumatera. Menurut saya sangat wajar, karena kota ini lebih dikenal sebagai kota bisnis dan pertambangan khususnya minyak. Tetapi, tetap saja ada sisi menarik dari Pekanbaru.

Untuk di dalam kota, Pekanbaru memiliki beberapa wisata sejarah, budaya, dan rohani seperti Balai Adat Melayu Riau, Masji Agung An-Nur, Masjid Raya Pekanbaru, Bandar Serai, Gedung Juang, Museum Sang Nila Utama, dan Dekranasda.

Sementara agak keluar sedikit dari pusat kota terdapat objek-objek wisata seperti Alam Mayang, Danau Buatan, Istana Siak, dan masih ada beberapa tempat lagi yang lainnya.

Bagi kalian yang doyan belanja, Pekanbaru juga memiliki cukup banyak tempat untuk menyalurkan hobi kalian. Di Pekanbaru ada Plaza Senapelan, Plaza Citra, Plaza Sukaramai, Mall Pekanbaru, dan Mall SKA.

Pekanbaru

Wisata yang nggak boleh terlewat di Pekanbaru tentu saja adalah wisata kulinernya dong. Mencicipi berbagai menu makanan di Pekanbaru tentu saja menjadi salah satu hal yang menyenangkan.

Sekarang kita jelajahi yuk wisata-wisata sejarah, budaya, dan kuliner di Pekanbaru.


6 komentar:

  1. sudah lama ngga main ke Pekanbaru.. Jadi pengen kesana lagi - http://goiq.blogspot.com

    BalasHapus
  2. rie ramadhaanie11 Maret, 2013 15:27

    Pengenn nasi padangnyaaa.... Kata temen yg ada di pekanbaru, di sana menu utama untuk makan siang itu nasi padang. Walopun bukan di Padang. Hehe..

    BalasHapus
  3. lhaaa pekanbaru-padang/bukittinggi kan memang deket tante, jadi ya nggak heran kalau di sini banyak bnaget restoran padang. :D

    BalasHapus
  4. kangen sih, terutama kulinernya.. -__-

    BalasHapus
  5. enjoy brader....

    BalasHapus