5 Maret 2013

Pemandangan Cantik Dalam Penerbangan ke Bandung dengan Indonesia AirAsia

Indonesia AirAsia Surabaya-Bandung

Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. 20 Januari 2013, dengan persiapan yang sangat minim saya memulai perjalanan saya ke tanah Sumatera. Dengan bermodalkan tiket promo, jadi ya maklumi saja kalau rute yang saya ambil agak aneh dan lompat-lompat.

Oke.. Sebagai gambaran, tujuan utama saya adalah ke Sumatera Barat. Namun saya juga akan singgah ke beberapa kota dengan rute untuk kota besar hingga kembali ke Surabaya sebagai berikut: Surabaya-Bandung-Pekanbaru-Padang-Medan-Banda Aceh-Medan-Jakarta-Surabaya.

Kota yang menjadi poin saya yang pertama adalah Bandung. Di Kota Kembang ini saya sebenarnya hanya transit saja, karena penerbangan lanjutan saya ke Pekanbaru masih keesokan harinya.

Seperti biasa, Indonesia AirAsia menjadi partner terbaik yang bisa mengantar saya ke berbagai kota dengan harga tiket super murah, termasuk untuk rute Surabaya-Bandung ini.

20 Januari di pagi hari saya sudah berada di Bandara Juanda Surabaya. Proses check-in sudah saya lakukan secara online melalui website AirAsia. Cukup mudah memang, bisa menghemat sedikit waktu. Sehingga di bandara saya tinggal membayar airport tax saja tanpa antrian yang berarti.

Ruang tunggu gate 7 Bandara Juanda pagi itu menjadi tempat menunggu penerbangan saya dengan Indonesia AirAsia QZ-7631 tujuan Bandung, berbagi dengan maskapai penerbangan lain seperti Citilink dan Merpati Nusantara.

Indonesia AirAsia Surabaya-Bandung

Masih seperti penerbangan-penerbangan saya dengan Indonesia AirAsia, semua terasa lancar, boarding diumumkan tepat waktu, dan pesawatpun push back tepat waktu. Hanya saja, penerbangan yang berangkat pagi itu bertepatan dengan jam sibuk Bandara Juanda. Nggak heran kalau pesawat yang saya naiki harus antri menunggu pesawat-pesawat lain yang take off dan landing. Hal yang agak mengejutkan, antrian untuk take off di Bandara Juanda sudah mencapai hampir 30 menit. Berarti bandara ini sudah semakin padat saja.

Oh ya, pada penerbangan ini saya menaiki pesawat Airbus A320 dengan registrasi PK-AXF. Ini adalah untuk kedua kalinya saya naik PK-AXF. Sebelumnya saya pernah naik pesawat yang baru berumur empat tahun ini pada April 2009 dari Jakarta ke Jogja.

Indonesia AirAsia Surabaya-Bandung

Setelah mengantri take off cukup lama, pesawat yang saya naiki akhirnya berangkat ke Bandung dengan take off dari runway 28 Bandara Juanda. Selama penerbangan sebenarnya tidak ada yang begitu istimewa. Penumpang yang berada di pesawat juga tidak terlalu banyak, hanya sekitar 60 persen dari total kapasitas 180 penumpang. Awak kabin yang bertugas juga ramah, okelah.. Nggak ada komplain.

Jika sebelumnya saya pergi ke Bandung dengan menggunakan penerbangan malam, kali ini saya bisa memuaskan hasrat melihat pemandangan yang sangat cantik selema penerbangan. Ya, penerbangan ke Bandung memang dikenal menawarkan pemandangan cantik, terutama saat pesawat akan memasuki Kota Bandung. Hal ini karena berbagai pegunungan yang mengitari Bandung saling pamer kecantikan saat siang hari. Selain pegunungan, di bawah juga terlihat keindahan tempat berupa danau atau rawa (?) yang terletak berdampingan dengan pegunungan. Cantiknya komplit deh. Ada yang tahu rawa tau danau itu lokasinya dimana? Pastinya pemandangan di lokasi ini cantik banget dilihat dari atas.

Indonesia AirAsia Surabaya-Bandung

Indonesia AirAsia Surabaya-Bandung

Indonesia AirAsia Surabaya-Bandung

Nggak cuma itu saja, saat approach ke Bandara Husein Sastranegara terbentang luas landscape Kota Bandung yang sudah sedemikian padat. Mendarat di Bandung memang menimbulkan sensasi tersendiri. Bagaimana tidak, pesawat hanya sedikit berada di atas gedung Mall Istana Plaza sesaat menjelang mendarat. Dan hanya dalam hitungan detik pesawat sudah mendarat di Bandara Husein Sastranegara. Akhirnya sampai lagi di Bandung.

Indonesia AirAsia Surabaya-Bandung

Indonesia AirAsia Surabaya-Bandung

Seperti yang saya katakan, Bandung hanyalah tempat transit saja. Saya memang tidak merencanakan berkeliling kota ini. Saya hanya berkumpul dengan member Indoflyer dari Bandung untuk spotting pesawat bareng, dan itu dari pagi setelah saya mendarat sekitar pukul 09.00 hingga hari gelap. Jadi ya nggak ada lagi waktu untuk berkeliling Bandung.

Indonesia AirAsia Surabaya-Bandung

Indonesia AirAsia Surabaya-Bandung

Indonesia AirAsia Surabaya-Bandung

Kegiatan saya selain spotting di Bandara Husein Sastranegara hanyalah mencari penginapan dan istirahat, karena penerbangan saya dari Bandung ke Pekanbaru berangkat di pagi buta saat hari masih gelap.


3 komentar:

  1. widiiihh.. sotting dari panggung kehormatan BDO yah mas ? mantap - http://goiq.blogspot.com

    BalasHapus
  2. iya mas.. kebetulan banget pas PK-BDO pada kumpul

    BalasHapus