7 Maret 2013

Sekilas Tentang Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru

Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru

Akhirnya untuk pertama kali saya menginjakkan kaki di Pekanbaru, tepatnya di Bandara Sultan Syarif Kasim II. Ada rasa senang, penasaran, dan juga kagum. Ternyata Bandara Sultan Syarif Kasim II cukup waaah lhoo.. Ini karena terminalnya memang masih baru. Terminalnya memang nggak terlalu besar, beberapa bagian juga masih berantakan karena sedang dalam pengerjaan, tapi kemegahannya sudah bisa dilihat kok.

Konsep bangunannya sih mirip-mirip dengan bandara-bandara baru seperti terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta maupun Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar. Seenggaknya dua bandara itu yang udah pernah saya kunjungi. Haha.. Bangunannya cukup banyak kaca, jadi sinar matahari bisa langsung masuk untuk menghemat listrik di siang hari. Pokoknya terlihat lebih fresh, cerah, dan modern.

Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru

Memasuki bagian dalam terminal kedatangan, di bagian ini juga cukup tertata dengan rapi. Semuanya serba bersih dan nampak teratur, termasuk toilet di terminal kedatangan.

Antara terminal kedatangan dan keberangkatan merupakan area publik. Di sini banyak berjejer toko-toko, cafe, dan tempat makan. Selain itu terdapat pula kursi-kursi yang bisa digunakan untuk para penjemput maupun calon penumpang yang akan berangkat namun masih ingin bersantai-santai. Saya sih lumayan terkejut Pekanbaru bisa memiliki bandara secantik ini. Jadi inget kampung halaman di Jogja yang bandaranya sudah kusam. :D

Sebagai salah satu bandara besar di Sumatera, Bandara Sultan Syarif Kasim II melayani cukup banyak penerbangan baik ke kota-kota di Sumatera, maupun kota di luar Sumatera, termasuk penerbangan internasional ke Kuala Lumpur dan Singapura. Tapi penerbangan paling banyak dari bandara ini tentu saja tujuan Jakarta.

Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru

Meskipun dari segi fisik, kebersihan, kenyamanan, dan jumlah rute Bandara Sultan Syarif Kasim II bisa dibilang cukup oke, tapi masih ada kurangnya juga. Seperti banyak bandara di Indonesia, calo memang hal yang sangat sulit diberantas. Calo di bandara ini memang cukup terang-terangan. Mungkin sudah ada kerjasama dengan petugas atau avsec? Ntahlah.. Mereka kebanyakan menunggu di pintu menuju deretan loket penjualan tiket maskapai penerbangan.

Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru

Apakah hanya itu? Tidaaak. Karakter Bandara Sultan Syarif Kasim II juga masih sama dengan kebanyakan bandara lain yang merupakan kompleks militer dari segi transportasi. Yaaak, di bandara ini hanya tersedia taksi saja, tidak ada pilihan lain. Bisa juga sih disebut dengan monopoli taksi oleh pihak yang nggak perlu disebut namanya. Kalaupun ada, itu adalah taksi gelap yang harganya malah bisa lebih mahal lagi. Tentu saja ini cukup memberatkan bagi para penumpang yang tidak mempunyai uang cukup. Belum tentu yang naik pesawat bawa duit banyak lho. Apalagi jarak dari bandara ke kota lumayan jauh.

Bagi traveler gembel seperti saya, naik taksi saat traveling merupakan pantangan. Bukan traveler gembel sih kalau nggak punya akal. Meskipun tidak ada transportasi umum, tapi kalian tetap bisa kok dari bandara ke Kota Pekanbaru dengan harga murah. Kalian keluar bandara melalui depan terminal keberangkatan, kemudian jalan ke arah kanan menuju Simpang Tiga, tempat dimana halte Bus TransMetro Pekanbaru berada melalui Jalan Perhubungan. Kalau masih bingung, coba tanya ke tukang parkir dimana letak halte Simpang Tiga. Jangan salah tanya ke sopir taksi gelap atau tukang ojek yah. Jarak dari bandara ke halte Simpang Tiga nggak terlalu jauh kok. Mungkin sekitar 300-400 meter. Dari halte tinggal naik TransMetro dengan tiket seharga 3.000 sudah sampai kota dan nggak pakai mahal.

Menurut sejumlah berita, Bus TransMetro akan segera beroperasi di Bandara Sultan Syarif Kasim II. Kalau sudah terlaksana bakal enak banget nih. Apalagi halte di bandara sudah tersedia, tinggal nunggu waktu realiasasi saja.


2 komentar:

  1. Loh bukannya bus Trans Metro udah masuk airport yah mas ? Apa aku salah denger info yah ?? - http://goiq.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Sampai akhir januari sih belum ya mas.. halte udah ada tapi dengan kondisi mengenaskan.. heuheu.. padahal dari halte simpang tiga ke bandara udah tinggal sedikit lagi lho..

    BalasHapus