19 April 2013

Masjid Agung An-Nur, Masjid Terbesar di Kota Pekanbaru

Masjid Agung An-Nur Pekanbaru

Seperti diketahui, sebagian besar warga Kota Pekanbaru merupakan keturunan Melayu dan pemeluk agama Islam. Tidak mengherankan jika wisata di Pekanbaru tidak jauh dari yang namanya wisata budaya dan religi.

Jika sebelumnya saya mengunjungi Masjid Raya Senapelan yang seharusnya penuh dengan nilai sejarah tapi sekarang tak berbekas sama sekali, kali ini saya mengunjungi masjid lainnya yaitu Masjid Agung An-Nur. Masjid yang dibangun pada tahun 1963 ini merupakan masjid terbesar di Pekanbaru lho..

Dari segi arsitektur, Masjid Agung An-Nur dipengaruhi oleh gaya Melayu, Turki, Arab, dan India. Tetapi, pada eksteriornya pengaruh India cukup dominan karena dianggap seperti Taj Mahal. Akibatnya, tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa Masjid Agung An-Nur merupakan Taj Mahalnya Provinsi Riau.

Masjid Agung An-Nur Pekanbaru

Meskipun terlihat besar dan memiliki tiga tingkat, namun sebenarnya masjid ini tidak memiliki tempat yang begitu luas untuk shalat. Lokasi untuk shalat berada di lantai paling atas, sedangkan lantai di bawahnya merupakan ruang kantor dan ruang pertemuan.

Hal yang paling mencengangkan mungkin adalah luas areal untuk masjid ini. Bagaimana tidak, Masjid Agung An-Nur berdiri di atas lahan seluas 12 hektar. Fasilitas yang ada disini juga tergolong sangat lengkap seperti adanya sekolah mulai dari TK, SD, SMP, hingga SMA, dan perpustakaan. Bagi yang gemar olahraga, terutama jogging, area Masjid Agung An-Nur bisa jadi tempat yang cocok untuk kalian. Selain lahannya yang luas, halaman masjid juga dilengkapi jogging track yang cukup panjang. Berminat datang kesini?


6 komentar:

  1. BlogsOf Hariyanto26 April, 2013 16:37

    subhanallah, indah sekali masjidnya...semoga jamaah-nya selalu ramai memakmurkan masjid ini...72 hektar..luas banget lahannya..
    http://hariyantowijoyo.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Arie Ardiansyah30 April, 2013 11:22

    aku beberapa kali kesini dan semuanya selalu sore dan dihari libur. Rame banget orang disana kalo sore. http://goiq.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Ghifari Ghifari Ghifari04 Juni, 2013 11:15

    kalo sore sore dan hari minggu banyak banget yang datang ke sini .

    banyak yang jogging dan senam

    BalasHapus
  4. iya mas, fasilitas jogging tracknya cukup menarik :D

    BalasHapus