4 April 2013

Masjid Raya Senapelan, Peninggalan Masa Lalu yang Tidak Tampak Aslinya

Masjid Raya Senapelan

Masjid Raya Senapelan merupakan masjid yang bersejarah di Kota Pekanbaru. Dibangun pada abad 18, tepatnya tahun 1762, masjid yang berada di Jalan Senapelan ini sekaligus menjadi masjid tertua yang ada di Pekanbaru.

Berada di Kota Pekanbaru tidak ada salahnya jika saya menengok sebentar masjid peninggalan Kerajaan Siak Sri Indrapura yang pernah berkuasa di Pekanbaru (Senapelan). Sayang sekali, saya tidak menemukan masjid tua bersejarah tersebut. Kini masjid telah menjadi bangunan modern berlantai dua. Bahkan saat saya berkunjung kesana, proses renovasi sedang berlangsung.

Selain bentuknya yang sudah berubah total, beberapa spot bersejarah seperti sumur tua yang berada di samping masjid juga sudah tidak ada. Padahal menurut beberapa cerita, sumur tua ini telah dikenal hingga Singapura dan Malaysia karena dipercaya memiliki tuah. Percaya atau nggak sih, tapi yang pasti bagian dari sejarah sudah hilang.

Perombakan total Masjid Raya Senapelan di Pekanbaru dari bentuk aslinya menjadi bangunan yang modern tentu saja sangat disesalkan. Bangunan tua peninggalan sejarah masa lalu itu sekarang hanya tinggal kenangan, karena tidak bisa kalian lihat lagi saat berkunjung kesana.

Paling tidak program revitalisasi yang dilakukan telah menghilangkan salah satu bukti sejarah Kerajaan Melayu di Riau. Menurut saya, ini blunder yang sangat besar dilakukan oleh Pemerintah Daerah.


0 komentar:

Posting Komentar