10 Mei 2013

Berwisata Kuliner di Pekanbaru

Berada di Pekanbaru tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi aneka macam kuliner di kota yang terkenal dengan pertambangan minyaknya tersebut. Sebagai kota yang mayoritas penduduknya orang Melayu dan lokasinya yang bersebelahan dengan Sumatera Barat sedikit banyak mempengaruhi kuliner-kuliner yang ada di Pekanbaru.

Saat di Pekanbaru memang saya tidak menemukan sesuatu yang otentik Pekanbaru. Tapi saya mencicipi sedikit makanan yang memang lumayan populer di sana. Nah, dari aneka wisata kuliner ini kebanyakan nyontek dari blognya Mas Arie Goiq. Makasih ya Mas.. Hehe..

Yaaak.. Berikut ini daftar aneka kuliner yang saya cicipi selama sehari di Pekanbaru. :D

1. Kedai Kopi Kim Teng

Kedai Kopi Kim Teng memang sudah terkenal sebagai tempat sarapan yang oke di Pekanbaru. Menu makanan di sini juga sangat variatif kok. Misalnya saja sop, soto, dimsum, nasi goreng, atuapun mie goreng. Tapi, apalagi menu otentik di Kedai Kopi Kim Teng kalau bukan kopi dan roti bakar dengan selai srikaya. Menu ini memang sangat cocok untuk sarapan ya. Mau mencicipi sarapan di Kedai Kopi Kim Teng? Datang saja ke Jalan Senapelan No. 22 Pekanbaru.

Kedai Kopi Kim Teng

2. Mie Pangsit Megaria

Kalau kalian pencita mie ayam, sepertinya kalian mesti mampir ke Depot Mie Pangsit Megaria atau dikenal juga dengan nama Kedai Kopi Megaria. Mie pangsit di sini berupa mie keriting yang dicampur dengan daun sawi, ayam casiu, ayam manis, dan taburan bawang goreng. Buat saya sih rasanya biasa saja, nggak terlalu istimewa. Tapi nggak ada salahnya kalau kalian coba. Mie Pangsit Megaria ada di Jalan Ir. H. Juanda, nggak jauh kok dari Kedai Kopi Kim Teng.

Mie Pangsit Megaria

3. Re Caffe - Cappuccino Cincau

Cappuccino Cincau, ini adalah minuman yang lagi ngehits banget di Pekanbaru. Minuman yang disebut juga dengan nama kacau ini disediakan oleh Re Caffe. Minuman ini memang sangat segar dengan rasa yang unik. Sangat cocok diminum dengan kondisi cuaca Pekanbaru yang panas. Selain Cappuccino Cincau, Re Caffe juga menyediakan minuman lain seperti Cappuccino Nutrijel, Cadbury Coklat Cincau, dan Cadbury Coklat Nutrijel. Saat ini Re Caffe memilikitiga cabang di Pekanbaru, antara lain di Binakrida Unri Panam, Jalan Paus, Jalan Ahmad Dahlan (depan Brimob), areal SPBU Jalan Thamrin, dan Jalan Dr. Sutomo.

Re Caffe - Cappuccino Cincau

4. Rumah Makan Kota Buana

Mau menikmati lezatnya masakan khas Minang di Pekanbaru? Banyak sekali rumah makan yang menyediakannya. Salah satunya Rumah Makan Kota Buana yang teletak di Jalan HOS Cokroaminoto No. 16 Pekanbaru. Jika bosan dengan menu masakan Minang yang itu-itu saja, kenapa tidak coba masakan yang lain. Soto Padang misalnya.

Nah soto ayam di Rumah Makan Kota Buana ini disajikan dengan mangkuk berukuran kecil, tapi dengan isi yang sangat lengkap. Satu mangkuk soto berisi dengan bihun, perkedel, suwiran ayam goreng, dan kacang tanah. Bihun dalam soto ayam di sini bukan hanya pelengkap yang sedikit, melainkan cukup banyak. Untuk melengkapi soto ayam, dihidangkan pula kerupuk dan sambal. Lezat untuk sarapan!

Soto Ayam Rumah Makan Kota Buana

5. Soerabi Enhaii Pekanbaru

Ini nih yang agak janggal, jauh-jauh ke Pekanbaru malah makan di Restoran Enhaii. Padahal sebelum ke Pekanbaru, saya berada di Bandung selama satu hari dan saya nggak ke Restoran Enahii yang menyediakan Soerabi.

Soerabi di Restoran Enahii memang terkenal enak. Apalagi jika memilih Soerabi topping durian. Woaaah.. Surgaaa.. Tapi selain Soerabi ada menu lain kok, seperti Nasi Goreng Pattaya dan lain-lain. Restoran Enhaii bisa kalian temui di Jalan Jenderal Sudirman No. 14 G-H,setelah flyover Imam Munandar.

Soerabi Enhaii Pekanbaru

Soerabi Enhaii Pekanbaru

6. Depot Durian Ayah

Mencicipi buah durian sepertinya hal yang wajib saat berada di Pekanbaru. Buah durian selalu ada di kota ini sepanjang tahun. Banyak kok yang menjual buah durian di berbagai penjuru kota. Salah satunya adalah Depot Buah Durian Ayah di Jalan Jenderal Sudirman No. 502. Durian di Pekanbaru terkenal memilik kualitas yang sangat baik. Rasanya manis dan pulen. Uniknya, durian di Pekanbaru biasa dinikmati bersama dengan ketan. Mau coba?

Depot Durian Ayah

7. Sate Padang

Sate Padang memang cukup sering ditemui berbagai kota. Tapi mencicipi Sate Padang di Pekanbaru memiliki sensasi tersendiri. Apalagi lokasi Pekanbaru terletak bersebelahan dengan Padang, tentunya rasa Sate Padang di Pekanbaru lebih mendekati rasa aslinya. Penjual Sate Padang bisa ditemui di berbagai penjuru kota saat malam hari kok.

Sate Padang

Oke.. Sepertinya cukup sekian daftar menu makanan saya selama sehari di Pekanbaru, sebelum berangkat ke Padang untuk melakukan tujuan utama dari trip ini. Perut rasanya mau meledak saat perjalanan ke Padang.. :))



12 komentar:

  1. Meutia Halida Khairani16 Mei, 2013 14:57

    di pekanbaru kok makannya sate padang n serabu enhaii? hiihihi

    BalasHapus
  2. Ahh jadi pengen ke Pekanbaru lagu nih... tahun ini belum sempat kesana http://goiq.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Ghifari Ghifari Ghifari04 Juni, 2013 11:11

    masih banyak sebenarnya lagi kuliner di pekanbaru

    BalasHapus
  4. Ghifari Ghifari Ghifari04 Juni, 2013 11:12

    kimteng memang terkenal banget di kota pekanbaru

    BalasHapus
  5. iyaa mutt.. di bandung nggak sempet.. haha.. sate padang, nyicip dulu sebelum nyeberang ke padang :p

    BalasHapus
  6. kesana lagi lah mas.. nanti saya join :p

    BalasHapus
  7. iya tapi perutnya udah nggak muat :D

    BalasHapus
  8. Ngiler ama mie ayam megaria + soto buana.

    BalasHapus
  9. Saya pergi ke Pekanbaru malah jd bingung sendiri...mau makan dimana2 cuma ada RM padang & sate padang, mau ke tmpt wisata rekomendasinya ya cuma mall dan mall...
    Skrg saya baru sadar knp org2 pada berjubel dtg ke Bandung.....piss :)

    BalasHapus
  10. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai kuliner, menurut saya kuliner merupakan sesuatu yang berhubungan dengan masak-memasak dan berkaitan dengan suatu pola hidup yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari karena menyangkut salah satu kebutuhan manusia, yaitu pangan.

    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai kuliner yang bisa anda kunjungi di pariwisata kuliner

    BalasHapus
  11. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai berbagai makanan di indonesia . Inilah cara yang baik untuk mempromosikan makanan yang ada di negara ini.

    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai explore indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    BalasHapus